Berita Nasional Terpercaya

Covid-19 Berlalu, Jokowi Optimis Tahun Depan Terjadi ‘Booming’ Pariwisata

0

BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 berimbas pada sektor pariwisata. Dunia pariwisata di Indonesia merupaka salah satu sektor yang terdampak paling berat, seperti hotel, restoran, dan kedai kerajinan. Tak dapat dipungkiri kelesuan pariwisata di Indonesia dan negara lainnya bisa berlangsung berbulan-bulan.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menegaskan perlu adanya mitigasi yang cepat untuk menyelamatkan para pelaku pariwisata Indonesia. Menurutnya, langkah mitigasi sangat diperlukan untuk menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan dan pelaku pariwisata tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini. Karenanya, ada berbagai upaya mitigasi dari pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

“Pertama, program perlindungan sosial bagi mereka. Kedua, realokasi anggaran yang ada di Kementerian Pariwisata ke kegiatan semacam program padat karya, atau yang lain, untuk para pekerja ini. Ketiga, stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” tulis Jokowi di Instagram pribadinya, Kamis (16/4/2020). 

Ia tidak menginginkan ada PHK besar-besar pada sektor pariwisata. Presiden optimis dengan upaya mitigasi tersebut, tahun depan pariwisata akan kembali ramai lagi karena banyak orang ingin keluar dan berwisata setalah pandemi virus corona berakhir. 

“Saya yakin kelesuan sektor pariwisata akibat pandemi virus korona akan berlangsung hingga akhir tahun. Tahun depan, tentu akan terjadi booming pariwisata. Semua orang ingin keluar dan berwisata,” dikutip Bernas.Id. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.