Berita Nasional Terpercaya

SoKoPeL Bantu Ciptakan Ketahanan Pangan Warga DKI Hadapi Pandemi Covid-19

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Solidaritas Korban Pelanggaran Lingkungan (SoKoPeL) bersama Solidaritas Pengusaha Perbengkelan (SOPAN) menyumbangkan    1.000 bibit ikan nila kepada warga di RT 07 RW 01 Manggarai Utara, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Penyerahan dilakukan Selasa (26/5/2020).

Pada acara cheremonial-nya, Dewan Pembina SoKoPeL August Hamonangan, beserta anggotanya melepas langsung bibit ikan nila ke dalam kolam.

August mengharapkan bantuan ini dapat membantu ketahanan pangan warga dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Dalam jangka waktu tiga bulan, ikan nila ini sudah bisa dipanen dan dimakan,” kata August Hamonangan.

August mengaku bangga, ada beberapa warga di Jakarta lainnya yang meminta untuk disuplai bantuan bibit tanaman atau ternak kepada SoKoPeL.

“Kami akan bekerjasama dengan seluruh stakeholder agar bisa memenuhi respon positif masyarakat,” jelas August Hamonangan.

Kata anggota DPRD DKI Fraksi PSI ini, sebelumnya SoKoPeL memberikan sumbangan bibit tanaman kepada warga di beberapa wilayah di Jakarta.

Ditambahkannya, selain dapat dikonsumsi untuk diri sendiri dan keluarga, budidaya ikan nila juga dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat. Katanya, setiap bulan pihaknya akan memantau perkembangan budidaya masyarakat tersebut.

Ke depannya, August menyebutkan, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan membantu mempromosikan ikan nila hasil budidaya masyarakat. Menurutnya, perlu mengedukasi masyarakat agar tercipta ketahanan pangan.

“Khususnya masyarakat perkotaan seperti di Jakarta yang sangat sedikit memanfaatkan lahan rumahnya untuk budidaya tanaman atau ternak,” tuturnya.

Ketua SOPAN Jaksel B Sitorus mengatakan jumlahnya anggotanya yang tercatat sedikitnya ada 200 orang. Ia menceritakan awal mula bekerjasama dengan SoKoPeL.

“Saya beberapa kali bertemu dengan bang August Hamonangan, kami berdiskusi tentang banyak hal, salah satunya seperti ini aksi kepedulian sosial. SOPAN sangat mendukung kegiatan-kegiatan SoKoPeL seperti ini,” ucap B Sitorus.

Sementara itu, Lina, salah satu warga yang mendapat bantuan bibit ikan nila mengucapkan terima kasih terhadap dukungan yang diberikan SoKoPeL. Ia berharap, SoKoPeL juga membimbing bagaimana caranya agar budidaya ikan nila ini dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Kami sangat respek sekali dengan perhatian dari SoKoPeL,” kata Lina. (as)

Leave A Reply

Your email address will not be published.