Berita Nasional Terpercaya

Anak Buruh Lepas Nekat Kuliah, Rahma Kurniasih Malah Mendapat Beasiswa dari Universitas Mahakarya Asia

0

Bernas.id – Saat terhimpit kesulitan dan hambatan, mata kita hanya melihat hal-hal yang tidak mungkin kita lakukan. Akhirnya, bukannya berusaha untuk keluar dari kesulitan, kita cenderung berdiam diri dan tidak melakukan apapun. Sementara, kesuksesan justru akan datang saat kita mampu melampaui hambatan tersebut dengan penuh daya upaya dan keikhlasan. 

Begitu juga yang dialami oleh Rahma Kurniasih, atau yang biasa dipanggil Rahma, saat memutuskan untuk kuliah di AMIK AKMI BATURAJA, di jurusan Manajemen Informatika. Gadis kelahiran Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini merupakan anak kedua dari empat saudara dan lulusan SMK Negeri 03 Ogan Komering Ulu. 

Orangtua Rahma merupakan buruh harian lepas, sehingga keadaan ekonomi keluarga sebenarnya tidak sanggup membiayai Rahma untuk kuliah. Awal kuliah, Rahma terdaftar sebagai mahasiswi reguler dan orangtua Rahma harus pontang-panting mencari uang untuk membayar biaya kuliah. Ditambah lagi, Rahma belum memiliki pekerjaan sehingga tidak bisa membantu orangtua. 

Rahma tidak putus asa dan tetap semangat menjalani kuliah dengan ikhlas walau berat karena banyak penghematan yang harus dilakukannya. Belum lagi jika ada cacian dari orang lain yang selalu mencemooh dirinya. Rahma menjadikan cacian mereka sebagai suatu motivasi hidup untuk mencari dan mengejar terus celah untuk menggapai ilmu bermanfaat di perguruan tinggi. 

Hingga suatu hari, di grup percakapan AKMI, terdapat informasi tentang beasiswa untuk mahasiswa yang tidak mampu. Rahma langsung gerak cepat menghubungi pihak administrasi kampus yang memberi informasi tersebut dan menanyakan persyaratan yang dibutuhkan. Seluruh proses dijalani Rahma dengan sabar, termasuk harus melengkapi seluruh syarat administrasi yang diminta oleh pihak kampus. Rahma yakin jika ia menjalani dengan penuh keikhlasan, maka seluruh proses akan dipermudah. 

Upaya dan keikhlasan Rahma pun berbuah manis. Permohonan beasiswanya disetujui dan Rahma sekarang bisa menikmati pendidikan tinggi tanpa lagi harus membebani orang tua. Rahma memiliki harapan ingin mendapat ilmu yang bermanfaat tentang IT, supaya nantinya bisa mendirikan usaha di bidang IT. Rahma berangan memiliki bisnis ritel yang menyediakan kebutuhan hardware (perangkat keras) IT. 

Rahma pun berpesan untuk selalu menguatkan niat dan menggiatkan usaha. Menurutnya, dalam meraih sebuah kesuksesan harus ada ikhtiar dan ikhlas. Serta percaya bahwa Allah SWT tidak akan ingkar akan janjinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.