Berita Nasional Terpercaya

Cara Startup Ikut Ambil Bagian Lawan COVID-19

0

Pandemi COVID-19 telah merenggut nyawa lebih dari 350 ribu orang di seluruh dunia. Karena itu, pandemi ini adalah pertarungan semua orang tanpa ada batasan status sosial, sektor, atau negara tertentu. Apabila semua pihak yang memiliki kapasitas untuk membantu tidak turun tangan dalam melawan pandemi ini, maka seiring dengan bergantinya hari dan bulan, jumlah nyawa yang melayang akan semakin tak terbayang. Karena itu, startup di seluruh dunia ikut berkontribusi melawan pandemi ini melalui sektor mereka masing-masing baik itu sektor kesehatan, sosial, maupun teknologi dan informasi. Kira-kira apa saja langkah yang diambil startup-startup di seluruh penjuru dunia untuk melawan krisis ini?

Menyuplai Kebutuhan Garis Depan

Salah satu sektor yang terdampak parah oleh pandemi ini adalah sektor kesehatan. Tingkat penularan virus SARS-CoV-2 yang sangat tinggi berakibat pada laju penularan virus dari satu individu ke individu lainnya menjadi sangat tinggi. Dalam situasi ini, kapasitas tenaga dan fasilitas kesehatan di seluruh dunia pun diuji.

Salah satu masalah yang paling serius adalah kurangnya alat pelindung diri bagi tenaga kesahatan. Karena itu, berbagai startup di seluruh dunia yang bergerak di bidang 3D-printing berinisiatif untuk membantu dengan memproduksi alat pelindung diri seperti face mask dan lain sebagainya. Salah satu startup yang memproduksi face mask dan mendonasikannya adalah OhmniLabs. Selain memproduksi face mask dan mendonasikannya di San Fransisco, Amerika Serikat, mereka juga mengirimkan telepresence robot ke rumah sakit di seluruh dunia supaya pasien COVID-19 bisa tetap berkomunikasi dan berinteraksi dengan keluarga dan kerabat mereka.

Membantu Industri & Ekonomi yang Terguncang

Selain sektor kesehatan, sektor lain yang terdampak serius adalah ekonomi. Kondisi pandemi saat ini membuat banyak usaha, terutama usaha kecil, tidak dapat beroperasi. Karena tidak dapat beroperasi seperti biasanya, akhirnya banyak dari mereka yang kehilangan sumber pendapatan dan harus memecat karyawan-karyawan mereka. Melihat masalah tersebut, beberapa startup memutuskan untuk membantu, salah satunya adalah Talently. Startup ini berusaha membantu teknisi dan insinyur yang kehilangan pekerjaan mereka untuk mendapatkan posisi baru. Selain itu, startup seperti Get on Board dan Ovation juga ikut membantu dengan menghubungkan talenta-talenta yang kehilangan pekerjaan mereka dengan pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote.

Startup seperti Kitabisa dan Connected Analytics juga ikut ambil bagian dengan menginisiasi crowdfunding atau kampanye donasi untuk membantu pihak-pihak yang terdampak. Startup lainnya seperti Storehub juga ikut membantu dengan menghubungkan konsumen dengan restoran atau usaha makanan yang melayani pengiriman.

Membantu Menjalankan Aktivitas di Rumah

Karena laju penularan yang sangat cepat, virus ini memaksa kita untuk membatasi kegiatan kita dan sebisa mungkin beraktivitas di rumah termasuk dalam hal bekerja maupun belajar. Karena itu, banyak startup yang bergerak di bidang teknologi informasi ikut membantu untuk mendukung masyarakat beraktivitas di rumah. Startup seperti LottieFiles dan Tynker turut membantu dengan memberikan layanan pembelajaran dalam bentuk kelas dan video edukatif. Selain itu, ElCoach dan Butiqlive juga membantu dengan memberi layanan video dan aplikasi olahraga mandiri di rumah untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Karena saat ini hampir semua orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, usaha yang dilakukan startup-startup tersebut tentu saja akan membantu banyak orang di seluruh dunia.

 

Pandemi COVID-19 hanya bisa dikalahkan apabila semua pihak bersedia turun tangan dan membantu sesuai dengan kapasitas masing-masing. Setiap usaha yang dilakukan, sekecil apapun, pasti akan memiliki arti yang sangat besar bagi orang-orang yang terdampak secara serius. Peran yang dimainkan startup dalam krisis ini sangat membantu meringankan beban banyak pihak. Karena itu, usaha-usaha tersebut patut kita contoh dan kita jadikan inspirasi yang sangat memotivasi dalam saat-saat tergelap manusia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.