Berita Nasional Terpercaya

5 Jurusan Kuliah Favorit Paling Dicari Tahun 2020

0

 

Bernas.id ? Perkembangan teknologi, digital, dan internet beberapa tahun terakhir membuat profesi dan lapangan pekerjaan baru muncul. Sebut saja web desainer, content writer, dan desain grafis. Ketiga pekerjaan tersebut menjadi primadona alias banyak dicari.

Hal itu berdampak pada tingginya minat calon mahasiswa masuk ke jurusan yang ada kaitannya dengan lapangan pekerjaan baru tersebut.  Tak heran, bukan hanya jurusan ekonomi atau kedokteran yang menjadi incaran namun beberapa jurusan lain mulai menjadi favorit.

Setidaknya, ada 5 jurusan kuliah favorit yang paling dicari di tahun 2020, yaitu.

1.Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Diprediksi di masa depan jumlah penduduk dunia akan meningkat. Hal itu tentu berbanding lurus dengan kebutuhan manusia akan dokter, tenaga medis, tenaga kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental.

Berbagai permasalahan yang terjadi di dalam kehidupan, seperti stress, depresi, trauma membuat manusia membutuhkan layanan kesehatan mental yaitu psikolog atau psikiater. Saat ini, jumlah dokter jiwa atau psikater tidak imbang dengan jumlah manusia yang ada di dunia.

Oleh karena itu, profesi tenaga kesehatan baik fisik maupun mental masih akan dibutuhkan di masa datang. Tak heran jika jurusan ini masih menjadi favorit dan paling dicari di tahun 2020 dan tahun-tahun mendatang.

2.Akuntansi, Bisnis, dan Matematika

Sektor bisnis dan perusahaan selalu membutuhkan profesional akuntang dan keuangan. Juga, tenaga ahli yang profesional di bidang matematika. Perusahaan yang semakin besar tentu membutuhkan lapran dan perhitungan keuangan yang akurat.

 Maka tak heran jika jurusan akuntansi, bisnis, dan matematika menjadi favorit karena dibutuhkan di segala sekor bisnis dan keuangan. Ditambah lagi, dengan adanya era digital yang semakin berkembang mereka membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan pengolahan data.

3.Teknik, Hukum, dan Guru

Revolusi industi 4.0 membuat tenaga profesional bidang teknik tetap akan menjadi ujung tombak. Pembangunan infrastuktur tetap akan dilakukan, juga bidang komputer, teknologi informasi, serta digital.

Sebuah prediksi menyebutkan bahwa kebutuhan sarjana teknik baik dari jenjang S1 atay S2 meningkat sebanyak 22% pada tahun 2020.

Selain teknik, kebutuhan sarjana hukum atau pengacara pun dipresiksi mengalami peningkatan yakni 17,6% di tahun 2020. Pengacara dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tak hanya itu, setiap tokoh terkenal dan pesohor pun rata-rata membutuhkan pengacara pribadi.

Selain teknik dan hukum, tenaga profesional guru juga masih dicari dan  meningkat, kebutuhannya. Hal itu dapat dilihat dengan banyak anak-anak baik di kota maupun pedalaman yang membutuhkan pendidikan sekolah.

Diprediksi, permintaan tenaga profesional pendidikan usia dini meningkat sebesar 27% dan guru pendidikan sebesar 21%.

4.Teknik Informasi

Tenaga profesional lulusan teknik informasi akan semakins ering dibutuhkan di masa depan. Data menunjukkan bahwa dalam 5 tahun terakhir, permintaan untuk intelijen dan analisis kebijakan data tumbuh sebesar 21,4%.

Namun, permintaan tersebut masih jauh dari kebutuhan di beragam industri seperti, teknologi, hiburan, keuangan, perbankan, dan sebagainya. Jadi, jangan ragu jika kamu punya minat di bidang teknik informasi karena lapanga pekerjaan terbuka lebar.

Jurusan favorit ini menjadi salah satu yang dibutuhkan di 2020 nanti dan akan menjanjikan prospek lapangan kerjanya di masa depan.

5.Kewirausahaan

Setiap negara menginginkan usaha-usaha kecil menengah dapat tumbuh dengan pesat dan subur., termasuk Indonesia. Salah satu yang dapat menggerakkan perekonomian negara adalah usaha-usaha kecil yang dijalankan oleh masyaralatnya. Dengan adanya usaha-usaha atau pengusaha yang tumbuh maka akan muncul produk-produk baru di tengah masyarakat serta tercipta lapangan pekerjaan.

Selain itu, adanya produk baru yang muncul dari masyarakat jika kualitasnya baik maka bisa mendatangkan peluang untuk diekspor ke mancanegara.

Oleh karena itu, jurusan kewirausahaan akan menjadi jurusan yang banyak dicari dan menjadi favorit di masa yang akan datang. Menjadi pengusaha tentu membutuhkan ilmu yang bisa dipelajari secara formal. Meskipun demikian, terjun langsung menjadi pengusaha sejak mahasiswa juga diperlukan untuk melatih mental pengusaha sejak dini.

Universitas yang memiliki jurusan kewirausahaan adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA). Selain terdapat jurusan kewirausahaan, UNMAHA juga mendukung mahasiswanya untuk menjadi pengusaha sejak kuliah sehingga kuliah sambil bisnis adalah hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Dapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di UNMANA, info lengkapnya bisa kamu klik : https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.