Berita Nasional Terpercaya

8 Tips Membuat Logo yang Menarik dan Profesional untuk Brand Bisnis Anda

0

BERNAS.ID – Membuat logo brand untuk bisnis merupakan hal yang penting untuk para entrepreneur. Seperti yang kita ketahui, manusia cenderung lebih mengingat sesuatu secara visual.

Desain logo dapat berpengaruh terhadap branding suatu produk. Logo yang baik dapat mudah dikenali dan akan dikenang oleh banyak orang. Logo dapat membangun persepsi konsumen mengenai bisnis Anda secara umum.

Namun, membuat logo suatu brand bukan perkara yang gampang. Mendesain logo yang menarik membutuhkan kreativitas yang tinggi. Seringkali, pemilik usaha dan desainer grafis membutuhkan waktu yang panjang untuk memikirkan ide hingga menyelesaikan desain logo.

Nah, berikut simak tips membuat logo yang sesuai dengan brand bisnis Anda.

1. Cari Referensi Logo

Carilah referensi logo sebanyak mungkin di internet. Mencari referensi logo bukan untuk menjiplak, melainkan untuk mendapatkan inspirasi. Dengan melihat referensi desain logo orang lain dan mempelajari sejarah pembuatannya, Anda akan memiliki perbandingan dan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang berbeda dan tidak mirip dengan yang lain.

2. Ciptakan Keseimbangan

Balance alias keseimbangan adalah hal yang penting dalam membuat desain logo, karena otak atau pikiran manusia secara natural mengolah dan menerima hal yang seimbang sebagai sesuatu yang menarik dan enak dilihat.

Buatlah logo yang seimbang antara warna, bentuk, dan ukuran yang sama di setiap sisinya.

Meskipun aturan mengenai keseimbangan ini terkadang bisa dilanggar. Namun ingatlah bahwa logo yang Anda buat akan dilihat oleh khalayak umum, bukan hanya dilihat oleh orang yang ?tahu soal seni?. Jadi sebuah desain yang ?seimbang? adalah pendekatan paling aman.

3. Penggunaan Warna yang Cerdas

Teori warna memang cukup kompleks, tapi para desainer yang memahami dasarnya dapat menggunakan warna sebagai kelebihan dalam desain mereka.

Aturan-aturan dasarnya yakni:

  • Gunakan warna yang dekat satu sama lain pada bagian ?color wheel?. Misalkan untuk pallete  yang terlihat ?hangat? Anda dapat menggunakan warna seperti merah, oranye, dan kuning dalam satu desain secara bersamaan.
  • Jangan gunakan warna-warna yang ngejreng sampai mencolok mata.
  • Logo Anda juga harus terlihat menarik jika diterapkan dalam warna hitam putih saja.
  • Melanggar peraturan boleh-boleh saja, asalkan Anda memiliki alasan yang bagus.

Warna juga dapat menyimbolkan perasaan dan mood, misalnya warna merah menyimbolkan kekuatan, agresivitas, bahkan rasa cinta.

Namun harus tetap diingat bahwa Anda bisa mencoba mengkombinasi warna yang berbeda-beda, dan mencoba mencocokkan kombinasi warna Anda dengan brand dari logo yang sedang dibuat.

Bermain-main dengan satu warna saja juga ide yang menarik, karena beberapa merk dan perusahaan sangat dikenal berdasarkan warnanya saja.

Misalnya ketika kita memikirkan Facebook, maka kita akan memikirkan ?warna birunya facebook?, bukan warna birunya Twitter, dan brand lain. Karena warna itulah yang mampu membedakan satu perusahaan dengan koompetitornya, dan juga membuatnya lebih dikenal.

4. Pahami Visinya

Setiap bisnis memiliki latar belakang. Pasti ada seluk beluk kenapa bisnis tersebut berdiri. Guna memudahkan proses desain logo, Anda harus memahami visi dan misi bisnisnya, serta memahami keunggulan dan karakteristik dari brand. Dengan demikian, desain logo yang dibuat dapat menunjukkan identitas brand dengan tepat.

5. Ukuran itu berpengaruh

Dalam mendesain logo, ukuran sangatlah memiliki pengaruh yang signifikan. Sebuah logo harus terlihat baik dan enak dilihat dalam semua ukuran.

Sebuah logo tergolong tidak efektif jika saat diperkecil ukurannya malah terlihat tak bermakna atau tidak jelas bentuknya, misalnya saat diterapkan untuk kop surat, amplop, dan benda-benda kecil untuk kebutuhan promosi.

Logo juga harus terlihat bagus ketika digunakan dalam format yang lebih besar seperti poster, billboard, iklan TV, maupun website.

6. Memiliki Filosofi

Bentuk logo bisa dibuat berupa rangkaian gambar atau huruf, maupun gabungan keduanya. Pembuatan logo juga memperhatikan warna. Ada yang satu warna, ada yang beberapa warna. Sebaiknya, bentuk dan warna tersebut memiliki filosofi tersendiri yang dapat mengungkapkan nilai suatu brand. Sebab filosofi dalam logo memberikan makna yang mendalam sehingga lebih berkesan karena ternyata logonya dibuat penuh arti.

7. Pentingnya ?Typography?

Memilih tipe dan ukuran font alias jenis huruf yang tepat merupakan hal yang sangat sulit namun banyak tak disadari oleh desainer pemula.

Jika dalam logo yang dibuat membutuhkan teks di dalamnya, kita pasti mensortir dan memilih puluhan jenis font yang ada sebelum memutuskan untuk menerapkannya pada desain Anda.

Cobalah semua jenisnya; serif, sans-serif,  termasuk script, italics, bold,  dan custom fonts.

Pertimbangkan tiga hal berikut saat memilih font:

  • Hindari font yang sangat umum digunakan seperti Comic Sans, jika nekat memakainya desain Anda pasti akan dicap sebagai hasil amatir.
  • Pastikan font yang dipilih masih terlihat relevan ketika skalanya diperkecil, apalagi jika menggunakan huruf jenis script.
  • Satu font saja cukup, hindari menggunakan lebih dari dua.

8. Sederhana

Desain logo yang sederhana dapat mudah dikenali dan diingat. Logo yang baik mampu menampilkan keunikan meskipun tampilannya sederhana.

Logo yang dibuat juga harus sesuai dengan tujuannya, misalnya Anda mendesain logo untuk toko mainan anak maka font dan warna yang sesuai dengan anak-anak akan menjadi pilihan bagus. Sebaliknya, pilihan font dan warna tersebut tidak akan cocok untuk logo perusahaan hukum.

Bagi Anda yang berencana menekuni bisnis yang menguntungkan seperti bisnis properti misalnya, kini ada inovasi terbaru yang memungkinkan Anda menjadi agen properti sukses dengan cara yang mudah dan efisien. Bernas Group melalui Viral Property menyelenggarakan program Gotong Royong Digital yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari properti di seluruh Indonesia tanpa harus repot terjun langsung ke lapangan. Daftarkan diri Anda segera melalui link berikut ini: https://bernas.info/ViralProperty. (tds)

Leave A Reply

Your email address will not be published.