Berita Nasional Terpercaya

5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan dalam Menyusun Goals

0

Apakah kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang memiliki sebuah mimpi dan cita-cita tetapi selalu bingung bagaimana cara mencapainya? Atau mungkin kamu salah satu orang yang memiliki impian luar biasa tapi selalu teralihkan saat berusaha menggapainya? Kalau kamu termasuk ke dalam kelompok tersebut, mungkin kamu harus mencoba untuk memulai menyusun goals-mu. Dengan memikirkan dan menyusun goals yang ingin kita capai di masa depan, kita bisa lebih fokus dan terarah dalam mencapai goals tersebut. Eits, tapi jangan buru-buru untuk membuat. Goals yang tidak disusun secara efektif juga tidak akan membantu kamu dalam mencapai impianmu. Untuk itu, Tim Bernas sudah merangkum 5 hal penting yang harus kamu perhatikan dalam proses goal setting-mu.

Tentukan Goal yang Memotivasi!

Ketika kamu menyusun atau membuat goals, kamu harus benar-benar memperhitungkan apakah goals tersebut merupakan sesuatu yang penting bagimu. Dengan begitu, goal tersebut akan selalu memotivasimu untuk bekerja keras dalam mencapainya. Apabila kamu tidak tertarik dengan goal tersebut dan goal tersebut tidak terlalu membawa banyak manfaat dalam hidupmu, maka kecil kemungkinannya kamu akan memiliki daya juang yang besar untuk membuatnya terwujud. Motivasi adalah faktor yang penting dalam penyusunan goal.

Gunakan Aturan SMART

Metode atau aturan yang satu ini sudah cukup populer sehingga tidak heran apabila kamu pernah mendengarnya. Meskipun begitu, apakah kamu termasuk di antara orang-orang yang sudah menerapkan ini? SMART adalah singkatan dari specific, measurable, attainable, relevant, dan time-bound. Artinya, dalam menyusun dan menentukan goal-mu, kamu harus membuatnya dengan spesifik, memiliki tolak-ukur yang jelas, dapat dicapai, relevan dengan hidupmu, dan dibatasi oleh rentang waktu tertentu.

Tulis Goalsmu!

Menulis goal yang sudah kamu tentukan akan membantu membuat goal tersebut terasa nyata. Menulis juga akan membuatmu merasa memiliki komitmen lebih untuk mewujudkan goal tersebut. Kamu tidak akan memiliki alasan untuk melupakan goal tersebut. Dengan setiap tulisan yang kamu buat, secara tidak langsung, kamu akan memberi dirimu sendiri kekuatan lebih untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang sangat ingin kamu wujudkan itu.

Buat Perencanaan untuk Mencapainya

Langkah yang satu ini seringkali dilewatkan banyak orang dalam proses penyusunan goal mereka. Banyak orang yang terlalu fokus pada hasil akhir sehingga mereka lupa untuk menyusun perencanaan dalam mencapai impian mereka. Dengan menyusun sebuah rencana yang terdiri dari langkah-langkah yang jelas, lalu menandai langkah-langkah tersebut setelah berhasil kita lewati, kamu akan menyadari bahwa kamu sudah berprogress dalam mencapai goalmu. Hal ini akan sangat penting apabila goalmu merupakan suatu impian yang besar, menuntut banyak usaha, dan bersifat jangka panjang.

Tetap Semangat dan Terus Konsisten

Kamu harus ingat bahwa goal setting adalah suatu proses yang berkesinambungan. Kamu tidak akan mencapai impianmu apabila kamu hanya menyusun goalsmu lalu tidak melakukan usaha apapun untuk mereviewnya atau memastikan bahwa kamu sudah berada di jalur yang benar. Tujuan akhirmu kemungkinan besar akan selalu sama dalam jangka waktu yang sudah kamu buat. Akan tetapi, perencanaan dan langkah dalam mencapainya kemungkinan besar akan selalu berubah seiring dengan waktu. Kamu harus terus semangat untuk tetap berada di jalur yang sudah kamu tentukan dan selalu konsisten terhadap goals yang sudah kamu buat.

 

Setelah membaca 5 poin di atas, proses goal setting terlihat lebih mudah, efektif, dan menyenangkan, bukan? Selamat menyusun goalsmu, ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.