Berita Nasional Terpercaya

Sempat Putus Asa dalam Pencarian Kampus yang Cocok, Peroleh Beasiswa di Universitas Mahakarya Asia Menjadi Jawaban Ika Rostika

0

Bernas.id – Ada pepatah mengatakan, orang yang bergerak menjemput rezeki akan lebih berpeluang mendapatkannya, daripada mereka yang tidak berbuat apa-apa dan hanya mengharap rezeki datang menghampirinya. Kesempatan untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi bukan hanya menjadi angan semata jika jeli menangkap peluang adanya beasiswa dan gigih mencari beasiswa yang tepat.

Baca juga: Inilah 10 Sekolah Penerbangan Terbaik yang Ada di Indonesia

Adalah Ika Rostika, penerima beasiswa di Kampus STMIK Mahakarya (sekarang Universitas Mahakarya Asia atau UNMAHA) di jurusan teknik informatika. Mahasiswi asli Serang yang akrab dipanggil Ika ini bercerita bahwa dirinya sempat bergerilya ke berbagai kampus untuk melihat peluangnya bisa kuliah. Mengingat dirinya bukan dari keluarga yang mampu, harapan untuk kuliah saja saat itu nyaris tidak ada. Ika mencari kampus dengan biaya yang sesuai dengan anggaran yang dimilikinya. 

Ika sempat putus asa, karena hampir semua kampus yang didatanginya menuntut biaya di luar anggarannya. Namun, ia tidak berputus asa dan tetap gigih mencari. Niatnya ingin kuliah tetap kuat dan dengan dukungan ibunda tercintanya, Ika terus mencari.  Hingga di suatu hari, Ika membuka iklan di platform Instagram yang menayangkan tentang program beasiswa. 

Tanpa ragu, Ika mengisi data diri dengan sebenar-benarnya dan prosesnya pun tidak berbelit. Tak lama, Ika mendapat kabar gembira bahwa pengajuan beasiswa yang diajukannya diterima dan ia bisa kuliah di jurusan yang diinginkannya. Tidak hanya sampai di situ, Ika juga memberi tantangan pada diri sendiri untuk mencoba hal baru dengan memilih jurusan teknik informatika. Walaupun pengetahuannya tentang komputer terbatas, Ika ingin mengasah kemampuannya dan memperdalam pengetahuannya dalam bidang IT. 

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Kesempatan untuk bisa kuliah ini tidak disia-siakan oleh Ika. Dengan serius, Ika menyampaikan harapannya untuk bisa menyelesaikan kuliah dan lulus dengan nilai memuaskan agar dapat membuat bangga orangtua. Selain itu, Ika juga ingin dapat mengembangkan teknologi menjadi lebih baik lagi. Salah satu harapan Ika adalah menjadi pengajar dan ingin membantu mengajarkan ilmu yang didapatnya, ke mereka yang kurang mampu. Supaya lebih banyak lagi orang-orang yang bisa merasakan kesempatan mengenyam pendidikan tinggi dan mengembangkan kemampuannya seperti dirinya. 

Di era keterbukaan dan banjir informasi seperti saat ini, maka kita akan lebih sering tertimbun informasi. Informasi tidak penting sering lebih banyak dari informasi yang penting, sehingga kita harus lebih gigih dan jeli untuk memilah mana yang berguna untuk kita. Hanya kegigihan dalam pencarian, akan mengantarkan kita ke jalan menuju masa depan yang lebih baik.

Baca juga: 10 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik dan Unggul di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.