Berita Nasional Terpercaya

Kenali Ilmu Geografi di UNMAHA yang Memiliki Prospek Cemerlang

0

Bernas.id – Banyak lulusan SMA yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah. Geografi yang dipelajari di SMA berada pada peminatan IPS sedangkan ketika di dunia kampus Geografi lebih sering menjadi bagian dari bidang IPA. Di mana sebetulnya posisi ilmu tentang bumi yang satu ini? Simak ulasan singkat berikut ini untuk mengetahui kedudukan ilmu geografi.

A. Objek Kajian Geografi

Objek kajian dari pada geografi yaitu geosfer, yang secara umum membahas tentang fenomena-fenomena yang terjadi di bumi yang meliputi:

  1. Litosfer (lapisan keras), Merupakan lapisan luar dari bumi kita. Lapisan ini disebut kerak bumi dalam ilmu geologi.
  2. Atmosfer (lapisan udara),
  3. Hidrosfer (lapisan air), Berupa lautan, danau, sungai dan air tanah.
  4. Biosfer (lapisan tempat hidup), Terdiri atas hewan, tumbuhan.
  5. Pedosfer (lapisan tanah),Merupakan lapisan batuan yang telah mengalami pelapukan, baik pelapukan fisik, organik, maupun kimia.

B. Empat Konsep Kunci Geografi

Dalam ilmu geografi yang dapat membedakanya dengan ilmu-ilmu  lain terdapat 4 (empat) aspek penting, yaitu:

  1. Aspek Keruangan, geografi mempelajari suatu wilayah antara lain dari segi 'nilai' suatu tempat dari berbagai kepentingan.
  2. Aspek Kelingkungan, geografi mempelajari suatu tempat dalam kaitan dengan keadaan suatu tempat dan komponen-komponen di dalamnya dalam satu kesatuan wilayah.
  3. Aspek Kewilayahan, geografi mempelajari kesamaan dan perbedaan wilayah serta wilayah dengan ciri-ciri khas.
  4. Aspek Waktu, geografi mempelajari perkembangan wilayah berdasarkan periode-periode waktu atau perkembangan dan perubahan dari waktu ke waktu.

Dari ke empat aspek atau konsep inilah yang dapat membedakan geografi dengan disiplin ilmu lain, karena semua disiplin ilmu yang ada di bumi ini baik, ilmu sosial, kesehatan, hukum, kemasyarakatan, pasti membahas tentang fenomena-fenomena yang ada di bumi baik secara umum maupun secara khusus berdasarkan kajian atau aplikasinya terhadap masyarakat.

Geografi adalah ilmu yang mengkaji fenomena geosfer dalam konteks keruangan dengan pendekatan kelingkungan dan kompleks wilayah. Fenomena geosfer sangat beragam, salah satunya adalah perubahan bentuk pada permukaan bumi. Suatu daerah yang awalnya merupakan dataran, oleh tenaga geologi sebagian dapat terangkat sementara bagian yang lain turun. Dua aspek yang menonjol dalam pembentukan morfologis Pulau Jawa adalah iklim tropis lembab dan kegiatan vulkanik yang kuat selama kira-kira dua juta tahun terakhir. Adanya aktivitas vulkanik dan proses tektonik dalam kerak bumi menyebabkan pengangkatan daratan. Pada umumnya, aktivitas vulkanik tidak merata sepanjang waktu, tetapi muncul dengan aktivitas tinggi pada masa kegiatan tertentu, sehingga pengaruhnya terasa pada daerah dalam skala luas.

Dengan memahami lingkup keilmuan Geografi, kalian dapat melihat bahwa jurusan tersebut memiliki peran penting dalam kehidupan. Terutama jika digabungkan dengan teknologi yang menjadi dasar keilmuan yang di Universitas Mahakarya Asia. Penggunaan teknologi mutakhir dalam ilmu geografi menjadi dasar bagi progam studi Sains Informasi Geografi dapat mengembangkan penelitian dan pengindraan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.