Berita Nasional Terpercaya

Aktivitas Keseharian Perlu Manajemen Waktu yang Cerdas, Agar Semua Prioritas Berjalan Lancar dan Hidup Semakin Produktif

0

Bernas.id – Membuat komitmen untuk mengontrol waktu merupakan langkah pertama bagi manajemen waktu yang sukses. Manajemen waktu secara tertulis tidak hanya membuat rencana lebih efektif, namun juga akan memperdalam komitmen terhadap tujuan. Coba untuk melakukan rencana pengelolaan waktu melalui langkah-langkah ini:

1. Gunakan Pensil  

Jika kita ingin menjadwal hidup kita, lupakan bolpoint atau sesuatu yang bertinta. Kita akan membuat perubahan-perubahan dalam perencanaan karena itu sebuah pensil dapat lebih menolong membuat perubahan tersebut tanpa bersusah payah mencari tip-ex. Penggunaan pensil akan menolong untuk tetap fleksibel saat kita merencanakan waktu.

2. Gunakan Kalender

Sebuah kalender memberi pandangan ke depan yang luas dari seluruh komitmen belajar, dakwah, keluarga, pribadi, komunitas dan sosial. Masukan janji baru, kejadian, pertemuan, deadline suatu pekerjaan, juga tanggal ketika kamu merencanakan untuk memulai sesuatu dengan baik. Untuk menghindari terlalu banyak penjadwalan, pastikan kalender Anda siap diakses setiap waktu, ketika di sekolah, rumah, dalam perjalanan.

3. Rencanakan Aktivitas Mingguan Anda

Luangkan waktu seminggu sekali untuk menjadwalkan janji, komitmen belajar, tugas, waktu pribadi, waktu keluarga, dan lain-lainnya dalam perencanaan satu minggu ke depan. Bermurah hatilah dalam estimasi waktu untuk penyelesaian tugas dan rancanglah deadline yang layak. Berpikir realistislah mengenai waktu.

4. Buatlah Daftar Kerja Harian Anda

Sebuah daftar kerja bisa jadi sangat bernilai untuk menolong kita mengendalikan waktu, tentu di samping sebuah kalender. Sebuah daftar kerja memberi pandangan sekilas terhadap apa saja yang kita butuhkan.

 

Setelah berhasil membuat perencanaan yang baik, maka lakukan cara mengatur waktu yang detail dengan 7 langkah ini:

1. Perhatikan Semua Daftar Kegiatan Keseharian Anda

Memang dalam hal apapun sebuah konsep sangatlah diperlukan. Di samping persiapan semakin matang juga meningkatkan kualitas sebuah hasil. Begitu juga dalam hal cara mengatur waktu bagi pelajar. Seorang yang cerdas perlu memerhatikan apa yang menjadi tugas atau kegiatan sehari-harinya.

2. Lakukan Pengorbanan Secara Cerdas

Memiliki prestai yang tinggi tidak akan terwujud tanpa mengorbankan sesuatu. Mulailah menganalisa waktu anda. Usahakan anda untuk tidak terjebak pada hal-hal yang bersifat menurunkan semangat dan motivasi.

3. Mengatur Prioritas

Sebenarnya setiap orang boleh melakukan semua pekerjaan kapan pun. Namun bukan pilihan yang tepat jika anda tidak memerhatikan keadaan tugas tersebut. Hanya mengandalkan semangat saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan skala prioritas untuk dikerjakan. Mengapa? Serangkaian proses kegiatan memang boleh dilakukan secara acak, tetapi jika tidak menghasilkan kualitas yang maksimal anda bisa menyesal. Oleh karena itu cara mengatur waktu harus segera diterapkan.

4. Membagi Tugas yang Panjang dalam Kegiatan yang Lebih Kecil

Sebagian tugas memang tidak bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Berkaitan dengan hal inilah Anda harus pintar dalam mengatur waktu. Jika harus diselesaikan dalam waktu yang panjang maka sebaiknya tugas tersebut dibagi ke dalam beberapa sub tugas yang lebih kecil. Walaupun harus berpikir lebih keras dan rumit, tetapi pada dasarnya tugas tersebut akan lebih baik dan lebih mudah. Selain itu kualitas yang dihasilkan akan lebih berkualitas.

5. Jangan Takut untuk Mengatakan ?TIDAK?

Jika ada orang lain yang berusaha mengganggu waktu Anda dengan mengajak Anda untuk berkegiatan yang mengganggu jadwal yang merupakan prioritas, maka Anda harus belajar untuk menolaknya dengan alasan yang rasional.

6. Luangkan Waktu untuk Kegiatan Kreatif dan Produktif

Lakukan hobi Anda yang bermanfaat dan produktif di waktu luang. Dengan mengisi waktu kosong Anda dengan kegiatan yang kreatif dan produktif akan membuat pikiran Anda lebih fresh dan siap menjalani rutinitas dengan baik.

7. Miliki Istirahat yang Cukup

Jangan memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa henti. Berikan waktu pada diri Anda untuk beristirahat tanpa melakukan apa pun. Hal ini bukan hanya membuat Anda rileks namun juga membuat pikiran Anda lebih jernih

 

Pengelolaan waktu yang baik bukan hanya untuk melatih berdisiplin dan menjadi orang yang teratur, namun juga membantu Anda membangun #personalbranding bagi diri Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.