Berita Nasional Terpercaya

Mengapa Bisnis Waralaba Sering Tidak Bertahan Lama? Ketahui Dulu Penyebabnya Berikut!

0

Bernas.id ? Bisnis franchise atau waralaba sedang menjadi tren bisnis di Indonesia. Banyak pengusaha pemula yang mengawali bisnisnya dengan menjadi franchisee atau biasa disebut dengan mitra. Kurangnya pengetahuan dan ide untuk berbisnis, menjadikan bisnis franchise menjadi terobosan paling efektif untuk memulai bisnis. Tidak hanya brand nasional, brand internasional pun sudah banyak yang berkembang di Indonesia. Sesuai data, justru waralaba dari brand internasional lebih banyak daripada brand nasional. Dari sekian banyak bisnis waralaba, masih ada bisnis yang tidak bertahan lama. Dari kurun waktu kerjasama yang ditentukan, sebelum selesai sudah gulung tikar duluan. Namun, juga ada bisnis waralaba yang bertahan lama dan sukses baik untuk mitra maupun franchisor-nya.

Penyebab bisnis franchise tidak bertahan menurut pengamat bisnis karena banyak pelaku usaha tidak memiliki fundamental yang kuat. Ketua Assosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar mengatakan masalah utama yang kerap dijumpai pada bisnis waralaba adalah SDM dan penataan risiko. Seharusnya, kata Anang, franchisor sudah memiliki sistem dan strategi untuk mengatur orang lain. Namun, pada kenyataannya, para pengusaha lokal terlalu cepat untuk mewaralabakan usahanya. Padahal mereka belum punya bukti cukup bahwa usahanya telah mencapai kesuksesan maksimal. Karena bisnis franchise bukan sekedar menjual brand, tetapi juga konsep bisnis, target pencapaian, manajemen, serta strategi operasional agar usaha terkendali. Keterburu-buruan inilah yang menjadi salah satu penyebab usaha franchise atau waralaba tidak bertahan lama.

Selain dari pihak franchisor yang belum memiliki pondasi manajemen yang kuat, penyebab lainnya bisa juga dari franchisee atau mitra. Ambisi menjadi pengusaha tanpa dimodali pengetahuan dan kemampuan khusus akan berpeluang usaha yang dirintis pun mengalami kegagalan. Bisnis terlihat mudah untuk dikerjakan, tetapi sebenarnya menyimpan kesulitan dan keunikan yang belum tentu semua orang bisa melakukan. Oleh sebab itu sebelum memutuskan usaha franchise, kuasai strategi marketing dalam dunia bisnis. Apalagi bagi pemula yang belum pernah merambah ke dunia pengusaha. Kebanyakan orang ketika melihat suatu bisnis yang bisa di-franchise dan sukses di pasaran, terbesit keinginan untuk bisa sukses juga di balik brand  ternama. Padahal, maju mundurnya bisnis bukan dari brand yang digunakan, tetapi pada pribadi pelaku bisnisnya. Tanpa pengetahuan yang dimiliki pengusaha, bisnis pun tidak akan berkembang dan bertahan lama. Karena dalam dunia bisnis pasti banyak mengalami halangan serta jatuh bangun hingga mencapai titik kesuksesan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.