Berita Nasional Terpercaya

5 Kiat Sukses Kuliah di Era new Normal, Mahasiswa Baru Wajib Tahu

0

Bernas.id ? Di tengah situasi pandemi yang belum berlalu, kuliah masih akan dilaksanakan secara daring. Namun, bukan berarti kamu tidak mempersiapkan diri untuk menempuh perkuliahan. Akan banyak adaptasi yang harus kamu lakukan.

Pertama, belajar di SMA dan perguruan tinggi itu jauh berbeda, baik dari segi materi maupun cara pengajaran. Kedua, kuliah secara daring juga membutuhkan persiapan khusus. Kamu harus punya kedispilnan dan kemandirian yang tinggi.

Agar sukses menempuh kuliah di era new normal, ikuti 5 kiat berikut.

1. Siapkan Mental

Mental adalah hal pertama yang harus kamu siapkan. Dunia perkuliahan akan sangat berbeda dengan dunia SMA. Mahasiswa dituntut mandiri dalam memahami materi meskipun dosen masih mendampingi. Mahassiwa harus aktif bertanya karena dosen biasanya membuka kesempatan diskusi seluas-luasnya. Selain itu, kamu juga harus siap dengan karakter dosen yang beragam serta tugas-tugas yang tidak sedikit setiap minggunya.

2. Atur Jadwal dengan Baik

Di awal kuliah nanti kamu akan mendapatkan jadwal kuliah. Pada jadwal tersebut sudah tertera dengan jelas nama mata kuliah, dosen, serta waktu yang ditentukan. Pada perkuliahan daring mungkin akan ada ketentuan juga media apa yang akan digunakan.

Pastikan kamu mengingat semua ketentuan-ketentuan tersebut. Atur jadwalmu dengan baik jangan sampai terlewat mengikuti kuliah karena presensi itu sangat mempengaruhi nilai kamu nantinya. Kamu tidak mau kan tidak lulus salah satu mata kuliah hanya karena banyak bolos?

3. Lengkapi Kebutuhan Kuliah

Anak kuliahan juga banyak kebutuhan untuk persiapan kuliah, lho. Pastikan kamu melengkapi kebutuhan kuliahmu, seperti buku, laptop, atau komputer. Kuliah daring mengharuskan kamu memiliki support teknologi yang memadai, terutama sambungan internet. So, siapkan semuanya dengan baik agar kamu juga antusias dalam menggapai kesuksesan!

4. Punya Target IPK

Meraih IPK optimal itu bisa direncanakan sehingga jika kamu mau punya target IPK itu sangat mungkin bahkan harus. Dengan memiliki target nilai IPK maka kamu juga akan memiliki perencanaan kuliah dan belajar yang baik. Target bukan untuk dijadikan beban melainkan motivasi untuk meraihnya.

5. Fokus Belajar dan Kerja Keras

Tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa kerja keras. Setelah mempersiapkan mental dan peralatan maka yang ahrus kamu lakukan sepanjang semsetr adalah belajar dan fokus pada kuliahmu. Jalani dengan hati senang. Ingat, kamu sudah sejauh ini menjalani pendidikan, jangan sampai menyerah di tengah jalan. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.