Berita Nasional Terpercaya

Hindari Kerumunan, Menag: Pembagian Daging Kurban Bukan Mengundang Warga

0

BERNAS.ID – Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memberikan arahan terkait pembagian daging kurban kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi penularan virus corona. Umumnya, masyarakat yang mengantre dan mengambil langsung ke lokasi pemotongan hewan kurban. 

Kebijakan ini telah disampaikan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 Hijriah. 

“Pembagian dagingnya dibagi dengan mendatangi tempat-tempat distribusi, bukan mengundang mereka (masyarakat). Kami cek beberapa tempat sudah siap dengan itu,” ungkap Menag Fachrul saat berada di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020) kemarin. 

Meskipun menerapkan protokol kesehatan Covid-19, warga tidak diperkenankan mengambilnya di lokasi penyembelihan. Lebih lanjut, Kementerian Agama juga mengizinkan penyembelihan hewan kurban di lapangan ataupun halaman terbuka asalkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Alat penyembelihan harus dibawa sendiri dan tidak boleh bergantian. 

“Beberapa protokol kesehatan contohnya harus di tempat terbuka, alat-alat bawa masing-masing, nggak boleh ganti-gantian,” tandasnya dikutip Bernas.Id. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.