Berita Nasional Terpercaya

5 Ciri Keuangan Seseorang Bermasalah, Kenali Tandanya

0

Bernas.id Sebanyak apapun uang yang dimiliki seseorang mungkin tidak akan pernah membuat orang itu puas. Itulah sifat dasar manusia, semakin besar penghasilan biasanya keinginannya pun semakin banyak. Kebanyakan keinginan yang ingin dicapai pun bukan untuk investasi tapi sekadar gaya hidup saja.

Oleh karena itu, tak heran banyak orang “bangkrut” karena tidak bijak mengatur keuangannya. Berikut ini adalah ciri-ciri seseorang yang keuangannya sedang bermasalah. Kenali, jangan sampai kamu salah satunya.

1. Tidak punya tabungan dan prioritas

Jika kamu tidak punya tabungan itu tandanya hampir pasti kamu juga tidak punya prioritas. Mungkin kamu punya saldo di rekeningmu tapi jumlahnya tidak banyak dan mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Hal itu tentu menandakan bahwa kondisi keuangan kamu tidak terencana dengan baik.

Mulailah membiasakan diri untuk berkomitmen menyisihkan beberapa persen dari penghasilan untuk ditabung. Atur prioritasmu, pisahkan  mana hal yang merupakan kebutuhan atau keinginan semata.

2. Mudah Mengeluarkan Uang

Kemudahan teknologi sedikit banyak dapat mempengaruhi sifat boros seseorang. Kemajuan teknologi seharusnya disikapi dengan bijak. Coba kamu ingat, mungkin sering kamu tidak tahu pasti jumlah saldo rekening tapi melakukan transaksi dengan gesek kartu debit, transfe mbangking, atau top uo uang elektronik. Hal itu bisa berbahaya untuk kondisi keuanganmu jiak tidak dilakukan dengan cermat.

Kamu harus tahu pastiberapa jumlah uang yang kamu punya. Kontrol diri untuk tidak mudah mengeluarkan uang.

3. Gali Lubang Tutup Lubang

Kebiasaan berutang bisa memberatkan kondisi keuangan. Jiak tidak mampu melunasi maka kamu akan terbiasa meminjam uang pada si A untuk membayar utang kepada si B. Sebanyak apapun uang yang kamu hasilkan rasanya tidak cukup untuk melunasi semua utang itu. Itulah yang disebut “gali lubang, tutup lubang.” 

Jika hal itu sudah terkanjut terjadi maka segeralah kamu hentikan. Atur kembali keuanganmu, turunkan gaya hidupmu agar kamu bisa melunasi semua utangmu. Jika perlu jual aset untuk melunasi utang. Mungkin di awal kamu akan tersiksa tapi hal itu baik untuk masa depan keuanganmu.

4. Selalu Terlambat Bayar Tagihan

Membayar tagihan adalah kewajiban dan harus kamu masukkan sebagai prioritas. Terlambat bayar tagihan membuatmu harus membayar denda. Alhasil, utang kamu akan semakin bertumpuk. Disipilnkan diri untuk selalu membayarkan tagihan tepat waktu. Segera sisihkan kebutuhan tagihan tersebut saat kamu baru menerima gaji agar tidak terpakai untuk hal-hal yang lain.

5. Bergantung pada Kartu Kredit

Kartu kredit memang sering memberikan kemudahan pada pengguananya. Program kredit 0% atau diskon-diskon sering membuat pengguna kartu kredit kemudian berbelanja barang-barang yang bukan kebutuhan. Mereka pun tidak dapat menahan keinginan untuk berbelanja dengan selalu mengandalkan “keajaiban” kartu kredit.

Tanpa kamu sadari, tagihan kamu menggunung gara-gara karti kredit. Setelah kamu cermati kembali biasanya sebagian besar pengeluaran dari akrtu kredit bukanlah kebutuhan pokok. Sebaiknya, bijak menggunakan kartu kredit. Jika perlu, tidak perlu setiap saat membawa kartu kredit. Bawalah jika memang kamu akan membeli barang yang sudah terencana dengan baik. (snt).

Leave A Reply

Your email address will not be published.