Berita Nasional Terpercaya

Menhan Pesan Para Mahasiswa Unhan Berkontribusi Bagi Indonesia

0

JAKARTA,BERNAS.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) RI H. Probowo Subianto menjadi Inspektur Upacara, dalam Pembukaan Pendidikan S1, S2 dan S3 Universitas Pertahanan (Unhan) TA.2020/2021 pada tanggal 29 Agustus 2020, di Kampus Sentul. Sebanyak 300 Kadet Mahasiswa S1, 251 mahasiswa S2 dan 24 mahasiswa S3 serta para dosen dengan khidmat mengikuti jalannya upacara secara fisik dan secara online tersebar di sejumlah lokasi lingkungan kampus. 

Menhan juga meresmikan pembentukan 4 fakultas baru yang membawahi 10 Program Studi (Prodi) S1 sekaligus meresmikan pembentukan Korps Kadet Mahasiswa S1. 

Dalam amanatnya Menhan berpesan agar para mahasiswa Unhan benar-benar memanfaatkan kesempatan dan beasiswa yang diberikan oleh negara untuk belajar keras dan memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan Bangsa Indonesia. 

Setelah upacara berlangsung, para Kadet Mahasiswa S1 sempat melaksanakan demostrasi ketrampilan militer seperti bongkar pasang senjata baik pistol maupun senapan dengan kondisi mata tertutup dan demonstrasi olahraga beladiri Pencak Silat berupa jurus-jurus perkelahian dan pematahan benda-benda keras. 

Upacara kali ini terasa istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan kehadiran Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. (H.C.) ibu Hj. Megawati Sukarnoputri yang berkenan menyampaikan Orasi Kebangsaan kepada seluruh peserta upacara. Presiden RI kelima tersebut membahas secara lugas nilai-nilai luhur Pancasila dan implementasinya pada kalangan generasi milenial. Materi orasi benar-benar menyentuh hati para mahasiswa dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari para dosen serta segenap sivitas akademika Unhan.

Turut hadir dalam rangkaian upacara pendidikan adalah Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasum TNI Letnan Jenderal TNI Joko Supriyanto, Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Ketua Komisi 1 DPR RI ibu Meutya Hafidz, para pejabat Kemenkes, Kemenkominfo, Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan, BIN, Polri, BSSN, BNPT, BNPB serta perwakilan dari UI dan IPB. Tak hanya itu, hadir Utut Adianto Waka komisi 1 DPR.

Seluruh orang tua Kadet Mahasiswa S1 dan undangan lainnya mengikuti jalannya upacara dan orasi kebangsaan secara virtual.(fir)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.