Berita Nasional Terpercaya

5 Langkah untuk Mengurangi Risiko Penularan Virus COVID-19 Pada Bayi

0

BERNAS.ID – Saat ini jumlah kasus virus corona kian bertambah, tak hanya dapat menyerang orang dewasa virus ini juga dapat menyerang seorang bayi. Bayi yang tidak dianjurkan menggunakan masker, membuat orang tua harus lebih ekstra melakukan perawatan pada bayi.

Perawatan bayi ini dapat dilakukan dengan cara yang tepat dan benar. Hal ini dilakukan agar bayi dapat terlindungi dari virus corona.

Pandemi tidak dapat dijadikan alasan untuk orangtua tidak melakukan perawatan kepada bayi. Hal  ini justru harus membuat orang tua lebih memberikan perhatian khusus bagi bayi.

Maka penting bagi kamu mengetahui beberapa langkah-langkah agar dapat  mengurangi risiko penularan virus pada buah hati. Berikut 5 langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko penularan virus pada bayi.

1. Pastikan vaksin untuk bayi

Kebanyakan orangtua berpikir bahwa menunda vaksin karena corona dapat dilakukan sementara waktu. Padahal, kenyataanya jauh lebih baik jika bayi tetap menerima vaksin tepat wakt.

Namun alangkah lebih baiknya jika kamu dapat terlebih dahulu mendiskusikan kepada dokter tentang waktu yang tepay untuk memberikan vaksin. Kamu dapat melakukan konsultasi secara online.

2. Rajin konsultasi dengan dokter

Jika sebelum pandemic banyak orangtua pergi ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi tumbuh kembang bayi. Saat ini justru aktivitas konsultasi tersebut sangat berkurang.

Namun, sangat disarankan kamu tetap melakukan aktivitas konsultasi dengan dokter secara online. Cara ini dilakukan agar orangtua tetap mengetahui perkembangan bayi.

3. Hindari membawa bayi ke tempat ramai

Tempat ramai memang sangat berbahaya bagi bayi karena penularan akan lebih cepat terjadi ketika tidak ada jarak antara satu sama lain. Bagi kamu yang memiliki bayi disarankan untuk tetap berada dirumah.

4. Penuhi keperluan bayi saat pandemi

Keperluan bayi seperti tisu, susu, hingga popok menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak boleh habis. Pandemi ini tentu membuat semua orang harus mengurangi kebiasaan untuk berbelanja keluar rumah.

Jadi kamu harus memastikan bahwa kebutuhan bayi kamu sudah lengkap. Minimal kamu memiliki persedian dua atau tiga minggu kedepan.

Bagi kamu yang tidak ingin repot keluar rumah untuk membeli persediaan. Kamu dapat membeli keperluan dengan memanfaatkan toko online.

5. Rajin mencuci mainan anak

Bayi memang kerap kali memasukan segala sesuatu ke dalam mulut salah satunya mainan khusus untuk bayi. Rajinlah mencuci mainan atau barang agar bayi kamu terhindar dengan virus-virus yang tidak diinginkan terutaman virus corona.

Kamu dapat mencucinya sendiri di ruah dengan menggunakan sabun, kemudian lakukanlah pengeringan. Atau kamu bisa membawa deretan mainan tersebut untuk dicuci di tempat laundry.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.