Berita Nasional Terpercaya

Jangan Hanya Menunggu Vaksin, Ini yang Harus Dilakukan Agar Aman dari Covid-19

0

BERNAS.ID – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kembali menanggapi berbagai isu terkait penanganan pandemi Covid-19. Pemerintah, katanya, dituding hanya menunggu vaksin dalam menangani virus corona yang terus mewabah di Indonesia. Wiku pun menepis informasi tersebut. 

Menurutnya, Satgas sudah berulangkali menekankan kalau vaksin bukanlah satu-satunya jaminan mengatasi pandemi Covid-19. Disampaikan Wiku, vaksin merupakan salah satu cara untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada kesehatan masyarakat. Langkah yang perlu dilakukan setiap saat adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

“Perilaku disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan langkah utama mengatasi pandemi. Dan itu bisa dilakukan sejak awal pandemi dan seterusnya. Itu bisa melindungi masyarakat dari serangan virus SARS-CoV-2,” terang Wiku dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis (24/9/2020) lalu. 

Menurutnya, Pemerintah Indonesia terus bergerak mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menjauhi kerumunan orang. Pemerintah juga melakukan program 3T (testing, tracing, dan treatment). Sayangnya, masih saja masyarakat yang lengah dan mengabaikan protokol kesehatan. 

Ia menyampaikan menurut pengamatan Satgas Covid-19, masyarakat seolah tidak berempati dengan banyaknya penduduk Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19.  Di lain sisi masyarakat malah memberikan pandangan atau stigma negatif terhadap orang-orang yang positif Covid-19. Pada kesempatan itu, Wiku mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak terpengaruh atas berita tidak bertanggungjawab terutama yang mengabarkan kalau pandemi Covid-19 hanyalah konspirasi. 

Nyatanya, masih terus terjadi penularan virus corona di tengah masyarakat. Meskipun angka kesembuhan pasien positif Covid-19 terus meningkat, bukan berarti masyarakat menganggap sepele penyakit tersebut. Protokol kesehatan akan terus diterapkan tanpa harus mengandalkan vaksin Covid-19 karena prosesnya membutuhkan waktu tak sebentar. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.