Berita Nasional Terpercaya

Usai Hujan Deras, Prambanan Jazz Festival 2020 Virtual Concert Dibuka Joko In Berlin

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

KLATEN, BERNAS.ID ? Hujan Deras yang mengguyur membuat pelaksanaan Prambanan Jazz Festival 2020 Virtual Concert molor dan mengalami kendala teknis. Namun ini tak menyurutkan semangat para musisi penampil hari ini, Sabtu (31/10/2020) sore yang dingin.

Konser yang seharusnya dimulai pukul 16:00 WIB. Grup musik bernama Joko In Berlin membuka ajang hari pertama.

Mungkin sebagian orang masih merasa awam dengan grup musik satu ini. Joko In Berlin sendiri adalah band indie pop asal Jakarta. Sesuai namanya, Joko In Berlin punya gaya musik ala Eropa yang moderen.

Joko In Berlin membuka penampilannya di Prambanan Jazz Festival 2020 Virtual Concert dengan beberapa nomor lagu, di antaranya adalah Pesawat Kertas, Senyap, Senja, hingga yang terakhir adalah Euphoria.

Secara khusus, lagu Pesawat Kertas rupanya memiliki makna yang mewakili kondisi dunia saat ini yang tengah dilanda pandemi. Pesawat Kertas dibangun dari melodi, lirik serta aransemen yang penuh lamunan namun bersemangat, dengan tujuan meredakan intensitas bencana, apa pun itu.

?Kuberkata, dalam bahasa bayang // Bercerita, tentang seberkas // Pesawat kertas, yang terhempas,? begitu syair yang dinyanyikan sang vokalis, Mellita Sie.

Secara keseluruhan, musik yang disuguhkan Joko In Berlin dalam gelaran konser virtual Prambanan Jazz Festival 2020 ini kental dengan pengaruh musik Eropa.

Fourtwenty menjadi musisi penampil berikutnya setelah Joko In Berlin. Band yang unik ini membawakan beberapa lagu, termasuk hit-nya Zona Nyaman.

Beberapa musisi yang tampil selanjutnya adalah Isyana Sarasvati, Pustaka ya, Tompi, dan Tulus.

Prambanan Jazz Festival 2020 Virtual Concert seharusnya digelar selama tiga hari, yaitu 30-31 Oktober dan 1 November 2020 secara langsung. Namun akibat pandemi yang masih melanda Indonesia, konser dialihkan secara virtual selama dua hari, yakni 31 Oktober dan 1 November 2020.

Panitia juga sebenarnya mencoba menggelar konser dengan mendatangkan penonton di Prambanan. Namun karena tak mendapatkan izin, konser terpaksa digelar secara virtual, tanpa penonton di lokasi. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.