Berita Nasional Terpercaya

5 Jenis Ikan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Berlebihan

0

BERNAS.ID – Sebagian besar orang mengetahui bahwa ikan adalah salah satu makanan yang yang sehat dan banyak mengandung protein dan omega 3. Tak hanya itu, rasanya yang empuk dan lezat juga membuat ikan menjadi salah satu santapan favorit setiap orang.

Namun dibalik itu ternyata ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena adanya kandungan zat berbahaya ya dan tidak baik untuk tubuh manusia.

Berikut jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

1. Ikan makarel

Banyak orang menganggap bahwa ikan ini mirip seperti ikan sarden namun ternyata. Menurut informasi yang beredar diketahui mengandung merkuri yang tidak jelas berasal dari mana.

Hal ini ini jika dikonsumsi terlalu lama akan menimbulkan berbagai penyakit di tubuh manusia. Tidak hanya itu, ikan makarel dikabarkan rentan mengandung cacing.

Ikan makarel yang aman biasanya berasal dari benua Atlantik.

2. Ikan Nila

Ikan nila terkenal dengan omega 3 atau lemak sehatnya. Namun jika mengonsumsi ikan ini secara berlebihan akan meningkatkan penyakit kolesterol.

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit asma atau jantung, disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan nila terlalu banyak.

3. Lele import

Lele yang diimpor dari negara Asia biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada ikan lele yang biasa kita temui di air tawar maupun di sungai di Indonesia. Hal ini karena peternak ikan lele memberi pakan hormon untuk perangsang pertumbuhannya.

Kandungan pakan ikan lele itulah ya akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.  Apalagi jika ikan lele tersebut sudah tercemar dengan zat karsinogen yaitu zat pemicu kanker.

4. Ikan patin impor

Sungai Mekong di Vietnam menjadi salah satu penghasil ikan patin terbesar, namun perlu diketahui sungai tersebut dianggap sebagai sungai yang paling tercemar di dunia. Ikan patin diketahui mengandung nitrofurazon dan polifosfat yang merupakan penyebab kanker.

Tidak semua ikan patin memiliki kandungan berbahaya seperti ini. Agar lebih aman, sebaiknya membeli ikan yang berasal dari Indonesia.

5. Ikan Tuna

Sebagian besar orang pasti akan mengira bahwa ikan tuna adalah ikan terbaik dan tersehat. Namun siapa sangka, ternyata ikan tuna sirip biru dan hitam diketahui memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi.

Ikan tuna yang diolah dengan tidak benar, akan menimbulkan kerancuan dan gejala seperti mati rasa, Tremor, gangguan saraf dan otak bagi orang yang memakannya.

Normalnya orang dewasa hanya boleh mengonsumsi sekitar 7 ons ikan tuna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.