Berita Nasional Terpercaya

Rektor UNY Resmi Pamit, Mohon Doa Restu Maju Pilkada

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Profesor Doktor Sutrisna Wibawa berpamitan dengan dosen dan mahasiswa setelah menjabat dua kali periode sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Pamitannya ini bukan untuk pensiun sebagai akademisi, tapi maju berkompetisi di Pilkada 2020 sebagai calon bupati di Kabupaten Gunungkidul.

Rektor Sutrisna mengatakan dirinya ingin merasakan tantangan baru setelah hampir 34 tahun 9 bulan berkutat pada dunia akademisi atau kampus. “Saya ingin ada tantangan baru. Banyak arus dukungan untuk maju di daerah saya. Saya harus mundur sebagai dosen. Mohon doa restu, mohon maaf atas segala kesalahan saya,” katanya dalam acara Perpisahan dan Ucapan Terima Kasih kepada Rektor UNY periode 2017-2021, Jumat (2/10/2020).

Rektor Sutrisna pun menceritakan pengalaman terbaiknya selama ini ketika menjadi akademisi. “Hubungan mahasiswa dengan dosen yang baik, saling menghargai sehingga tidak ada rasa ewuh-pakewuh. Bahkan kalau mengikuti medsos saya, banyak sekali usulan-usulan mahasiswa sampai masalah pribadi. Yang terakhir, ada yang mengeluh karena masa pandemi, e-learning, kehilangan pacarnya,” bebernya.

Terkait pandemi ini, Rektor Sutrisna menyebut inilah tantangan saat ini. “Kita sampai bulan Oktober masih daring, November akan dicoba dengan tatap muka, itu pun melihat situasi. Ini masih labil, tentu akan mengedepankan kesehatan,” ucapnya.

“Mahasiswa kita dari seluruh Indonesia. Bayangkan saja kalau dia dari daerah merah lalu masuk, itu akan bermasalah meski kita ada fasilitas untuk rapid test,” imbuhnya. 

Rektor Sutrisna mengakui tidak ada perubahan kurikulum selama pandemi Covid-19, tapi ada penyesuaian strategi belajar dari tatap muka menjadi pola e-learning yang sekarang lebih baik karena ada pelatihan dan workshop. 

Untuk rektor UNY penggantinya, Rektor UNY menginginkan sosok yang visinya harus Worldclass University karena dirinya sudah meletakkan dasar-dasarnya selama ini. “Target-target sudah diletakkan, tinggal bagaimana dilanjutkan. Budaya dan atmosfer akademik yang telah tercipta ditingkatkan,” katanya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Plt Rektor UNY, Prof Dr Margana, MHum, MA mengatakan pencapaian Rektor Prof Dr Sutrisna Wibawa sejak menjadi nahkoda UNY. “Alhamdulilah pada tahun 2020, UNY kembali pada Klaster I di peringkat 12 versi pemeringkatan Kemenristekdikti,” ujarnya. 

Prof Margana mengatakan saat ini, di Kemendikbud ada kurang lebih 4.500 perguruan tinggi di Indonesia. “Di samping itu, UNY juga memiliki capaian yang luar biasa di tingkat Asia Tenggara dan Asia terkait pemeringkatan UNI Rank, QS, Webometric dan Greenmatric,” tutupnya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.