Berita Nasional Terpercaya

Guru Belajar Seri Masa Pandemi: Upaya Pemerintah Membentuk Budaya Inovasi Para Pendidik Indonesia

0

Bernas.id – Setelah sebelumnya menghasilkan panduan-panduan yang membantu para guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh, menyelenggarakan seri webinar pembelajaran, serta membuat sebuah portal Guru Berbagi, sebuah terobosan berupa pelatihan guru yang masif berbasis daring telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Dr. Iwan Syahril, PhD. tujuan dari peluncuran program Guru Belajar Seri Masa Pandemi ini adalah untuk membentuk budaya inovasi bagi para pendidik Indonesia yang meliputi 4 hal.

Nyaman dengan Ketidaknyamanan

Dengan adanya pandemi dan setiap murid tidak bisa belajar di sekolah, maka seluruh pendidik dituntut untuk tetap bisa menghadirkan pembelajaran di mana pun murid berada. Dalam hal ini, guru dituntut untuk bisa memiliki sikap mental nyaman dalam ketidaknyamanan, mengajar dalam situasi yang menantang dengan berbagai halangannya. Sehingga diharapkan dengan pelatihan Guru Belajar ini, guru memiliki resiliensi yang lebih tinggi dan mampu menghadirkan pembelajaran secara kreatif. 

Kemauan untuk Belajar

Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi dihadirkan melalui sebuah sistem manajemen belajar yang didesain sehingga guru bisa belajar dengan waktunya sendiri. Penyampaian materi didesain lebih mudah, sehingga guru bisa belajar dengan materi unit belajar yang lebih kecil. Justru yang dibentuk dari program ini adalah kemauan guru untuk belajar, mau belajar dari siapa saja dan di mana saja. 

Murid Sebagai Orientasi Utama

Walaupun program ini diselenggarakan melalui platform daring, namun bukan berarti mengharuskan guru mengajarkan murid memakai teknologi. Menurut Iwan, melalui program Guru Belajar Seri Masa Pandemi ini, guru hanya diminta untuk melihat murid sebagai orientasi utama dalam pembelajaran. Guru dibiasakan untuk menyesuaikan pembelajarannya dengan kondisi murid, sebagai salah satu elemen utama dalam ekosistem pendidikan. 

Adopsi Teknologi dalam Pembelajaran

Pemilihan platform daring sebagai cara untuk menyampaikan pelatihan ini merupakan langkah yang strategis dari Kemdikbud untuk bisa menyebarkan program ke guru-guru dalam waktu cepat. Selain itu, dengan belajar melalui sistem manajemen belajar ini, guru-guru akan terbiasa untuk memakai teknologi, dan diharapkan nantinya akan dapat mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. 

Diharapkan dengan peluncuran program Guru Belajar Seri Masa Pandemi ini, dapat membantu guru melampaui beberapa tantangan yang dialami selama pembelajaran jarak jauh. Seperti cara menata kelas daring lebih baik, bisa memberikan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berpihak pada murid, serta mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. (TAF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.