Berita Nasional Terpercaya

5 Alasan Tepat untuk Mantap Kuliah di D3

0

BERNAS.ID ?  Kuliah di tengah pandemi covid-19 tidak selalu sulit. Ada banyak pilihan untuk menempuh ilmu di perguruan tinggi karena banyak disediakan beasiswa dan kemudahan oleh pemerintah.

Selain jenjang sarjana atau S1 ada pilihan lain buat kamu yang baru lulus SMA untuk melanjutkan kuliah yakni jenjang Diploma atau D3.

Tidak perlu merasa gengsi jika kuliah ?hanya? mengambil program D3 karena justru banyak alasan yang patut diperhitungkan untuk mantap kuliah D3.

Inilah 5 alasan tepat untuk mantap kuliah di D3.

1. Kuliah Penting untuk Masa Depan

Kuliah penting untuk bekal di masa depan. Jika masih ada usaha yang bisa dilakukan untuk kuliah sebaiknya jangan disia-siakan. Saat ini banyak bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa, seperti beasiswa Bidikmisi atau KIP.

Carilah informasi sebantak-banyaknya soal itu agar bisa kuliah. 

2.  Program Diploma Fokus Untuk Lulusan Siap Kerja

Mungkin setelah lulus SMA/SMK kamu galau antara mau kuliah atau menunda kuliah untuk bekerja dulu? Nah, kamu bisa mengambil jalan tengah dengan kuliah di jenjang D3 karena program diploma memang fokus untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja.

Program Diploma memang di-set untuk membuat para lulusannya siap kerja karena selama kuliah mahasiswa Diploma banyak belajar praktik daripada teori dengan porsi sekitar 60:40. Oleh karena itu, jangan heran jika melihat mahasiswa D3 banyak berada di lab daripada di kelas karena memang dipersiapkan untuk siap kerja saat lulus.

3. Waktu Tempuh Kuliah Lebih Singkat

Mahasiswa yang kuliah di jenjang sarjana membutuhkan waktu tempuh kuliah hingga lulus skeitar 4-5 tahun. Hal itu disebbakan karena mahasiswa S1 harus menempuh 144-160 SKS untuk menyelesaikan kuliahnya.

Berbeda dengan S1, waktu tempuh kuliah untuk program D3 lebih singkat. Misalnya saja untuk program Diploma III, kamu hanya perlu menempuh 110-120 SKS untuk lulus. Dengan demikian, dalam waktu tiga tahun kamu sudah bisa lulus.

Namun, tentu saja kamu harus rajin kuliah agar tidak banyak mata kuliah yang mengulang dan menyebabkan waktu lulusmu jadi molor.

4. Skill Lebih Terasah di Kuliah Diploma

Jika kamu ingin fokus mengasah skill kamu dan tidak ingin buang-buang waktu terlalu lama maka kuliah Diploma adalah pilihan tepat. Diploma membantu kamu mendapatkan ilmu serta mengembangkan skill sesuai pilihanmu. Misalnya, program Diploma I dengan masa tempuh satu tahun hingga Diploma IV dengan masa tempuh empat tahun. Perbedaan masa tempuh waktu kuliah itu menunjukkan sebuah skill yang bisa dipelajari dalam waktu 1 tahun tidak membutuhkan waktu yang lebih.

5. Ada Jalur Ekstensi Untuk Program Diploma

Memang masih ada saja yang menilai jika ilmu yang dimiliki lulusan D3 masih rendah jika dibandingkan dengan lulusan sarjana. Saat mendapatkan pekerjaan pun sering dianggap sebelah mata saat dibandingkan dengan lulusan sarjana.

Namun, kamu jangan berkecil hati. Jika tidak ingin langsung bekerja setelah lulus D3 kamu bisa melanjutkan kuliah ke S1 dengan jalur ekstensi.

Jalur ekstensi adalah satu-satunya jalur untuk mahasiswa D3 bisa menlanjutkan ke S1. Namun, kamu harus mencermati dari sekarang karena tidak semua jurusan Diploma punya jalur ekstensi langsung.

Jika kamu berniat melanjutkan jenjang S1 setelah kliah D3 maka kamu harus mencari informasi dari sekarang jurusan Diploma apa saja yang ada jalur ekstensi langsungnya.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.