Berita Nasional Terpercaya

Stok BBM di Jogja Jelang Long Weekend Aman

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Menjelang cuti bersama (long weekend) pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Bagian Tengah mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG dengan menyiagakan stok dan memastikan kelancaran distribusi.

Pjs Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV, Marthia Mulia Asri mengatakan, kondisi stok di seluruh Fuel Terminal dalam keadaan aman. “Angka konsumsi harian Gasoline beranjak naik semenjak diberlakukan new normal di masa pandemi, dengan tingkat kenaikannya mencapai 3% dibandingkan di bulan lalu. Jenis BBM yang dikonsumsi mayoritas adalah Pertalite 63% dan Pertamax 27% . Sementara LPG relatif stabil meskipun dalam keadaan pandemi sekalipun,” jelasnya, Sabtu (24/10/2020).

Marthia menyampaikan penyaluran harian BBM di Yogyakarta untuk Gasoline sebanyak 1.569 KL dan Gasoil 355 KL. Sedangkan, penyaluran harian LPG Yogyakarta berada di angka 446 Metric Ton (MT) per harinya. “BBM dan LPG di wilayah Pertamina MOR IV didukung oleh tujuh Fuel Terminal yang berada di wilayah Rewulu, Semarang, Cilacap, Boyolali, Maos, Tegal dan Lomanis,” ujarnya. 

Khusus untuk LPG, lanjut Marthia, Pertamina akan terus memantau kebutuhan masyarakat mengingat selama cuti bersama diperkirakan aktivitas konsumen atau masyarakat akan meningkat. Apabila ada kenaikan permintaan LPG maka Pertamina akan menyiapkan penambahan pasokan.

?Stok LPG di SPPBE dan Depot LPG kami saat ini dalam kondisi aman sehingga apabila di beberapa hari ke depan dibutuhkan penambahan secara fakultatif, kami siap. Pertamina juga mengimbau bagi masyarakat yang berkemampuan ekonomi kategori mampu tetap menggunakan LPG nonsubsidi yaitu varian bright gas. LPG 3 kg bersubsidi hanya bagi kalangan miskin atau tidak mampu,” imbuh Marthia.

Pertamina di wilayah DI Yogyakarta melayani penyaluran BBM melalui 114 SPBU Reguler serta LPG melalui 62 Agen, 5.523 pangkalan LPG PSO dan 980 outlet LPG Non PSO yang tersebar di seluruh provinsi DI Yogyakarta

?Selain menyiagakan stok BBM dan LPG, kami juga terus mengimbau kepada konsumen untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Pertamina semenjak awal pandemi telah menerapkan standar protokol pencegahan covid-19 di seluruh fasilitas BBM dan LPG termasuk SPBU. Sehingga kami akan sangat berterima kasih apabila konsumen juga dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan tersebut,” tutup Marthia. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.