Berita Nasional Terpercaya

Wabup Pasuruan Salurkan Bantuan Kepada Warga yang Terdampak Banjir

0

PASURUAN, BERNAS.ID – Wakil Bupati (Wabup) Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) menggelar sidak guna memantau kondisi banjir yang menggenangi rumah warga di Desa Kedungringin dan Cangkring Malang, Kecamatan Beji, serta di Desa Kejapanan dan Desa Gempol, Kecamatan Gempol, Selasa (3/11/2020).

Dalam sidak kali ini Gus Mujib, ikut membantu relawan dalam membuat nasi bungkus di dapur umum dan langsung membagikan ke warga terdampak banjir. Dia juga turut serta membagikan bantuan mie instan dan makanan siap saji yang berasal dari BNPB, BPBD Provinsi Jatim dan BPBD Kabupaten Pasuruan yang secara simbolis bantuan tersebut diserahkan kepada 3 Kepala Desa terdampak dan Camat.

“Alhamdulillah, hari ini bisa membagikan nasi bungkus, mie instan dan makanan siap saja seperti ikan kalengan yang bisa langsung dimasak warga,” kata Mujib.

Sementara itu, dengan genangan air di Gempol, khususnya di sekitaran Viaduk dan Perum GCA Gempol, Gus Mujib mengatakan, Pemkab sudah menyiapkan rencana jangka pendek untuk mengatasinya. Yaitu, dengan penyediaan pompa air yang diharapkan bisa menyedot air yang meluber ke rumah maupun jalan raya.

“Seperti yang disampaikan Pak Bupati bahwa kami sudah ada solusi jangka pendek yang disiapkan. Kami sediakan pompa air untuk mengatasi banjir di perumahan,” ungkapnya.

Sedangkan terkait rencana jangka panjang, penanganan banjir menurutnya dilakukan dengan memfungsikan kembali Kali Bangil Tak atau Kali Mati, serta normalisasi Kali Wrati.

“Kedunglarangan sudah bagus, Pak Bupati akan terus berusaha agar sungai Bangil Tak dapat difungsikan kembali dan normalisasi Kali Wrati,” jelas Gus Mujib.

Terkait rencana normalisasi itu, pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 telah menyetujui dengan perkiraan anggaran hampir Rp 1 triliun. (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.