Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Sediakan 422 Laboratorium Pemeriksaan PCR di Seluruh Indonesia

0

BERNAS.ID – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan pemerintah sejauh ini telah menyiapkan kebutuhan penanganan pasien Covid-19 di berbagai daerah. Menurutnya, sudah ada 422 laboratorium pemeriksaan PCR (Polymerase Chain reaction) dan TCM (tes cepat molekuler) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

“Pemerintah telah menyiapkan stok reagen PCR untuk 795 ribu spesimen, dan reagen RNA sebanyak 686 ribu spesimen,” terang Wiku saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (3/11/2020) sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Terkait pengobatan untuk pasien Covid-19, sebagian besar obat diproduksi oleh industri farmasi nasional. Semantara itu bahan baku obat sudah ada sejak April 2020 lalu. Wiku menyebutkan  per 31 Oktober 2020 obat untuk pasien Covid-19 telah didistribusikan ke 34 dinas kesehatan provinsi dan 779 rumah sakit. 

Sementara itu, pemerintah juga terus melakukan pengadaan obat untuk mengantisipasi kebutuhan obat sampai akhir tahun 2020. Demi menekan kasus Covid-19, lanjutnya, pemerintah juga terus mendisiplinkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan. Meski sudah 8 bulan menghadapi pandem Covid-19, Wiku mengingatkan agar fasilitas kesehatan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan penanganan Covid-19. 

Pada kesempatan itu, Wiku menjelaskan bahwa perkembangan peta zonasi risiko secara mingguan mengalami pergeseran pada zona merah atau risiko tinggi. Pada zona merah, terlihat membaik dengan terjadi penurunan jumlah daerah dalam sepekan, dari 20 kabupaten/kota pada pekan lalu menjadi 19 kabupaten/kota pada pekan ini. Kendati begitu, jumlah kabupaten/kota yang masuk zona oranye atau risiko sedang juga mengalami peningkatan jumlah.Pekan ini, katanya, terjadi peningkatan dari 360 menjadi 371 kabupaten/kota. Ia menekankan apabila daerah zona oranye semakin lengah tidak menutup kemungkinan akan berpindah ke zona merah. 

Ia berpesan untuk memperbanyak rumah sakit atau tempat tidur pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan kasus dan keadaan darurat. Untuk itu, pemerintah daerah diminta berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan Satgas pusat apabila membutuhkan bantuan dalam penanganan Covid-19. 

Data yang dihimpun Kementerian Kesehatan RI, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 418.375 orang per 3 November 2020 pukul 12.00 WIB. Adapun pasien yang telah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona menjadi 349.497 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia tercatat 14.146 orang. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.