Berita Nasional Terpercaya

Dengan Protokol Ketat, UCY Gelar Wisuda Angkatan Ke-39

0

BERNAS TV – Universitas Cokroaminto Yogyakarta (UCY) mewisuda 255 mahasiswanya, Sabtu (7/11) yang terdiri dari lulusan Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (KIP). Upacara wisuda dipimpin langsung oleh Rektor UCY, Ciptasari Prabawanti, S.Psi., M.Sc., Ph.D, di Indraprasta Ballroom Hotel Sahid, Sleman.

Dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan ke-39 tahun akademik 2019/2020 tersebut, Ciptasari Prabawanti mengatakan bahwa tahun ini adalah masa yang berat karena pandemi Covid-19. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pun menyatakan bahwa pandemi ini telah menciptakan disrupsi sistem pendidikan terbesar dan terluas dalam sejarah, sehingga mempengaruhi 1,6 milyar pelajar/mahasiswa di lebih dari 190 negara di dunia dan seluruh benua. Ditutupnya sekolah dan tempat belajar lainnya berdampak pada 94% populasi pelajar di dunia, terutama di negara dengan penghasilan menengah dan menengah ke bawah.

“Namun demikian, krisis ini juga membawa hikmah yang sangat besar,” tegasnya. Hadirnya pandemi justru memicu inovasi pada banyak sektor, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran jarak jauh menjadi solusi yang terus berkembang. Dalam situasi ini UCY pun terus berusaha untuk menyelesaikan diri agar tetap mampu memberikan layanan yang sebaik-baiknya bagi mahasiswa.

Dikatakannya, lulusan UCY dituntut untuk dapat beradaptasi agar mampu bertahan dan sukses dalam situasi ini, dengan cara membangun jaringan dan kemitraan. Ciptasari juga meminta para wisudawan maupun wisudawati dapat meneladani kepribadian pahlawan nasional HOS Cokroaminoto yang dikenal dengan gagasan besarnya yaitu pendidikan kebangsaan untuk menjadikan anak didik sebagai seorang muslim sejati dan sekaligus menjadi seorang nasionalis berjiwa besar dan percaya diri.

Sementara itu, ketua panitia wisuda kali ini, Rinaldi, S.T., mengatakan bahwa wisuda kali ini tetap diadakan dengan protokol kesehatan yang ketat, setelah mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta dan juga Pemda setempat. Adapun wisudawan yang terbaik ada 10 orang, Cumlaude ada 58 orang. (nch)

Leave A Reply

Your email address will not be published.