Berita Nasional Terpercaya

Jogja Art Weeks Merespons Kreativitas Seniman Muda di Masa Pandemi

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Jogja Art Weeks (JAW) berkolaborasi dengan Greenhost Boutique Hotel menghadirkan Special Project pameran seni visual dengan tajuk “Beriringan Menuju Masa Depan.”

Pameran dibagi menjadi dua sesi dengan menghadirkan karya lima seniman lokal yang terpilih yakni Tomi Firdaus, Ritadwikaa, Dwiky Setya Nurhuda, Sumber Protein dan Tyas Arum. Pameran pertama berlangsung pada Minggu (8/11/2020) hingga Sabtu (14/11/2020), dan berlanjut sesi kedua pada Rabu (18/11/2020) hingga Selasa (24/11/2020).

Kurator JAW 2020, Bambang “Toko” Witjaksono mengatakan gelaran JAW 2020 kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena digelar di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Meski dalam masa-masa berat, tidak menyurutkan kreativitas seniman, termasuk seniman muda, dan para mahasiswa.

“Banyak yang merespons pandemi ini, hal ini menunjukkan kondisi keterbatasan tidak menyurutkan semangat untuk berkarya. Justru mendorong ide baru. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan daya kreatif dan proses belajar bersama estetika,” ucap Bambang, Senin (9/11/2020).

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaannya, pameran dimulai dengan pembukaan proposal seniman dan kemudian tim kurator menyeleksi seniman terpilih. Berbagai karya seni seperti pameran karya dua dimensi, fotografi dan juga instalasi seni menjadi karya-karya yang dipamerkan dalam JAW. Karya dari para seniman lokal dan muda ini nantinya akan ditampilkan pada kanal website milik JAW.

“Event ini didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY dan fokus pada fasilitasi terhadap seniman muda, khususnya mahasiswa, selama masa pandemik,” imbuhnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.