Berita Nasional Terpercaya

Rencana Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

BILIK KOMENTAR | BERNAS.ID – Muhammad Rizieq Shihab atau yang lebih dikenal sebagai Habib Rizieq beberapa hari lalu mengumumkan kepada publik bahwa dirinya akan kembali ke Indonesia. Berikut rangkuman tanggapan dan pernyataan dari berbagai pihak yang dirangkum oleh redaksi Bernas.id dalam kolom Bilik Komentar.

M. Riziq Shihab | Pemimpin dan Pendiri FPI
4 November 2020
“Permohonan bayan safar (exit permit) saya dan keluarga yang semula dikabulkan kemudian dibatalkan, dengan alasan bayan safar tidak menghapus overs stay. Solusi yang diberikan kami diberikan perpanjangan visa yang sudah mati 2 tahun 5 bulan, dihidupkan kembali sampai pertengahan November 2020, sehingga catatan overstay dan denda menjadi hilang. Saya dan keluarga sudah pegang tiket dan paspor untuk pulang, insyaallah pesawat kami akan mendarat tiba di Bandara Cengkareng hari Selasa tanggal 10 november tahun 2020 jam 9 pagi waktu jakarta di terminal 3. insyaallah setelah mendarat kami sekeluarga akan langsung di rumah kediaman kami di Petamburan Jakarta Pusat”
(Sumber : Siaran Langsung Front TV)

M. Makhfud MD | Menkopolhukam
5 November 2020
“Akan halnya Habib Rizieq mau pulang ya silahkan, kita tidak pernah menghalangi. Bahwa dia terhalang pulang itu urusan dia dengan pemerintah Arab Saudi. Bahwa sekarang sudah selesai, ya pulang saja. Yang penting jangan membuat kerusuhan, karena Habib Rizieq itu mau pulang dengan revolusi akhlaq, kalau membuat kerusakan itu berarti bukan pengikutnya, akan kita sikat. Protokol kesehatan agar dipatuhi agar tidak saling memudharatkan.
(Sumber Channel KompasTV )

6 November 2020
“Sebelum tanggal 27 Oktober dia dilarang pulang karena melakukan tindakan-tindakan mengumpulkan harta / uang dengan cara ilegal, yaitu ketika ia selalu dikunjungi oleh orang-orang Indonesia hampir setiap hari. Identitas imigrasinya tercantum dalam dalam Sijil al-Mukhalif (daftar catatan pelanggar undang-undang) dengan ratmul al mukhalif 90069566633, adalah orang yang dianggap harus dideportasi. bahwa sekarang selesai iya, itu bukan urusan pemerintah indonesia. Jangan menuduh bahwa pemerintah Indonesia menghalangi proses.”
(Sumber KompasTV)

Hidayat Nur Wahid | Mantan Ketua PKS
6 November 2020
“Polri imbau penjemput Rizieq Shihab bersikap tertib. Imbauan ini lebih simpatik dan kondusif, ketimbang sebar gosip deportasi, atau wacana kaji lagi kasus hukum HRS, pasahal sudah terbit SP3,” 
(Sumber: Twitter @hnurwahid)

Brigjen Awi Setiyono | Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas POLRI
6 November 2020
” Kami sangat terbuka atas kepulangan HRS. Polri tak pernah mempermasalahkan kepulangan Imam Besar FPI tersebut. Kalau mau pulang ya pulang saja. Selama ini kita tidak pernah ngusir, tidak pernah ini. Kalau mau pulang ya pulang saja,”
(Sumber : Pikiran Rakyat)

Basuki Tjahaya Purnama | Mantan Gubernur DKI
6 November 2020
“Hak beliau untuk pulang kan? Selamat tiba kembali di tanah air,”
(Sumber: msn dot com)

Ujang Komarudin | Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia 
6 November 2020
“Kepulangan itu islah yang membawa kesejukan dan stabilitas politik ke depan. Jadi, jangan ada lagi menuding-menuding yang macam-macam. Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia menjadi bukti bahwa negara tidak pernah menghalangi hak warganya sehingga setibanya di Tanah Air. Sehingga diharapkan bisa membawa kesejukan.”
(Sumber : Republika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.