Berita Nasional Terpercaya

Disperinaker Klaten Dorong UKM Memiliki Kemasan yang Bagus Agar Dapat Bersaing

0

KLATEN, BERNAS.ID – Ada banyak potensi ekonomi produktif di Kabupaten Klaten dalam berbagai sektor yang memiliki peluang bagus untuk dikembangkan.

Kabupaten Klaten sendiri sudah memiliki Perda yang mengatur 7 produk unggulan Klaten, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten, Slamet Widodo.

Ada 11 klaster perindustrian di Klaten, salah satunya klaster lereng merapi di area kecamatam Kemalang dan sekitarnya, dengan produk utama adalah olahan makanan dan komoditas lokal.

Lebih lanjut Slamet menyampaikan bahwa untuk meningkatkan saya saing produk maka perlu untuk memperbaiki kemasan dari produk. Karena itulah Disperinaker Klaten selenggarakan Pelatihan Industri Kreatif  Pembuatan Kemasan Produk Makanan Olahan hari Selasa (10/11) ini sampai dengan Jumat (14/11).

Pelatihan yang diikuti 30 pelaku UMKM dari wilayah kecamatan Kemalang dan Karangnongko ini menghadirkan instruktur dari UMKM Nusantara dan akan berlangsung selama 4 hari. 

Dijelaskan oleh Slamet Supriyadi sebagai instruktur bahwa tujuan pelatihan ini agar peserta dapat memiliki gambaran tentsng pengemasan yang mereka butuhkan.

“Merujuk pada skala dan jenis usaha peserta, maka pelatihan kemasan ini kami sesuaikan sesuai kebutuhan peserta”

“Pada sesi awal kami ajak peserta untuk berdiskusi menggali ide tentang bentuk kemasan, merek yang direncanakan. Baru kemudiam akan dilakukan praktik sesuai dengan produknya masing-masing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.