Berita Nasional Terpercaya

Ziarah Makam Pendiri Bernas dan Pendiri Kantor Berita Antara

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Di sebuah pemakaman umum, tepatnya di kawasan pemakaman Sonyoragi di kampung Gondosuli Kota Yogyakarta, terdapat makam orang yang sangat berjasa dalam dunia pers dan jurnalistik. 

Minggu pagi ini (15/11) jajaran redaksid dan direksi Bernas.Id melakukan kunjungan ziarah ke makan Mr. Soemanang Notonagoro yang merupakan perintis dan pendiri Harian Bernas yang saat didirikan tepat 74 tahun lalu, yaitu 15 November 1946 dengan nama awal adalah surat kabar Nasional. Tanggal inilah yang dijadikan momentum peringatan HUT Bernas setiap tahunnya.

“Ziarah ini dimaksudkan selain sebagai rangkaian peringatan HUT Bernas ke 74, juga untuk mengajak para jurnalis muda agar mengenal para perintis dan pendahulunya,” demikian dijelaskan oleh Pemimpin Redaksi Bernas.id, Cahyadi Joko Sukmono disela ziarah ke makam tokoh pers sekaligus pendiri PWI dan Antara tersebut.

“KRMT Soemanang Notonagoro ini tokoh pers nasional sejak jaman Belanda dan Jepang, yang kemudian ketika pasca revolusi tahun 1946 mendirikan surat kabat Nasional yang merupakan cikal bakal Harian Bernas”. tambahnya.

Sebagaimana diketahui, BERNAS merupakan perusahaan media kebanggaan dan sekaligus heritage Jogja yang telah hadir dalam lintas zaman dengan perubahan brand dan manajemen beberapa kali, hingga yang terakhir di bawah PT Media Bernas Jogja dengan brand BERNAS.ID.

Dalam peringatan hari lahirnya ini, selain kegiatan ziarah peringatan HUT Bernas juga dimeriahkan dengan kegiatan pelatihan dan diskusi jurnalistik digital serta puncak acara tanggal 27 November nanti dalam bentuk Makan malam dan silaturrahim dengan tema “Jogja Bangkit” yang akan dimeriahkan oleh artis-artis muda Nagaswara dan dihadiri pejabat dan tokoh di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Kami senantiasa membutuhkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat agar Bernas dapat istiqamah menjalankan tugas dan peran sebagai inspirator bagi kemakmuran bangsa”, pungkas Cahyadi. (/Prad)

Leave A Reply

Your email address will not be published.