Berita Nasional Terpercaya

Bertekad Menjaga Persatuan dan Kesatuan, FKLB Menggelar Apel Siaga Kebangsaan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Berawal dari keprihatinan akan kondisi Bangsa akhir-akhir ini, sejumlah komunitas ormas dan relawan di Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Komunitas Lintas Bangsa (FKLB) menggelar Apel Siaga Kebangsaan, Kamis (26/11/2020) di Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Dikatakan Koordinator FKLB, Waljito, Apel Siaga Kebangsaan ini dalam upaya menjaga dan mengawal persatuan serta kesatuan dalam Kebhinekaan untuk NKRI. “Mengingat situasi sekarang ada sekelompok masyarakat yang saat ini mendendangkan narasi perpecahan bangsa dengan menggunakan isu agama yang akan memecah bangsa, untuk itu melalui acaran ini kami ingin mengembalikan semangat nasionalisme kita tumbuh kembali,” ujarnya disela apel.

Seharusnya, lanjut Waljito mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19 dan beberapa bencana di Indonesia, semua elit serta kelompok masyarakat bisa menahan diri untuk tidak memobilisasi massa, apalagi dengan mengeluarkan statemen yang dapat memecah bangsa.

“Dengan itu kami ingin ikut menjaga keamanan, kenyamanan dan juga meneguhkan untuk mencintai NKRI. Supaya kedepan semangat itu terus digelorakan, dan bersama-sama kita menjaga supaya negara ini terbebas dari wabah covid-18,” tambah Waljito.

Sementara itu Ketua Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) DIY, KH Abdul Muhaimin yang turut hadir pada kesempatan itu menyampaikan Apel Siaga Kebangsaan ini sebagai salah upaya untuk mengkonsolidasi masyarakat ditengah-tengah kehidupan yang sangat distortif dan anomali.

“Aturan-aturan hukum diindahkan, serta aturan-aturan perundang-undangan juga diabaikan, sehingga masyarakat kita sebenarnya mengalami kerentanan-kerentanan oleh provokasi ataupun stimulus-stimulus negatif yang terjadi akibat bukan sekedar kontestasi tapi rivalitas antar kelompok yang ingin mencari panggung masing-masing dengan agenda-agenda yang tidak aselereatif dengan keadaan sekarang,” katanya.

Untuk itu konsolidasi dalam bentuk apel siaga kebangsaan ini dirasa penting dilaksanakan, dalam kontek untuk menyatakan kesiapan diri dalam menghadapi permasalahan bangsa ini.

“Mari kita bersama-sama hadapi permasalahan bangsa ini, baik dari sisi ekonomi, sosial, dan agama. Itu bukan kewajiban hanya kelompok-kelompok tapi kewajiban setiap anak bangsa untuk menjaga keutuhan bangsa ini,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.