Berita Nasional Terpercaya

Berburu Sinyal Hingga Merelakan Uang Tabungan Kuliah, Membawa Ilham Sampai ke Ibukota Sebagai Seorang Penyanyi

0

Bernaswara – Ilham, pemuda 19 tahun asal desa Katimbang, kecamatan Matangnga, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat berhasil mengenalkan daerahnya ke jagat dunia hiburan Indonesia. Dengan modal berburu sinyal dan merelakan uang tabungan kuliah membawa Ilham sampai ke ibu kota Jakarta, tempat dilaksanakan konser D'Academy 3 tahun 2016. 

Ilham tak pernah menyangka akan hidup di kota metropolis sebesar Jakarta. Pasalnya kampung halaman Ilham waktu itu masih belum terjamah aliran listrik, jauh dari hingar-bingar, apalagi kemajuan teknologi. Pun dengan sinyal jaringan telepon, warga harus mencari tempat yang tinggi agar bisa berkomunikasi dengan saudara di luar desa. Hal itu pula yang dialami Ilham.

Setelah mengirimkan rekaman suara saat audisi D'Academy 3 secara online melalui Vidio.com, Ilham harus bolak-balik ke kota agar mendapat sinyal untuk mengetahui perkembangan hasil audisi. Setelah lama menunggu akhirnya Ilham mendapat telepon dari penyelenggara lokal, bahwa dirinya harus datang ke Gorontalo. Di situlah Ilham mengalami dilema. Untuk sampai ke Gorontalo harus naik pesawat terbang sekitar satu jam dan dengan biaya mandiri. Sementara dia hanya mempunyai uang tabungan yang sedianya untuk biaya kuliah. Setelah mengalami perang batin dan berbagai pertimbangan, Ilham akhirnya memutuskan berangkat ke Gorontalo.

Perjalanan dimulai dengan naik kendaraan darat selama lima jam ke Makasar, baru kemudian bertolak ke Gorontalo naik pesawat terbang. Sesampainya di sana ternyata Ilham masih harus bersabar, karena bukanlah pengumuman final. Ilham masih harus menunggu lagi informasi dari penyelenggara pusat untuk bisa lolos ke Jakarta. Lama menunggu dan belum ada informasi mengenai kelanjutan hasil audisi online, Ilham berinisiatif ikut audisi langsung yang diadakan di kota Makasar. Ilham harus menelan pil pahit. Gagal.

Saat mulai putus asa karena gagal mengikuti audisi langsung di Makassar, Ilham tiba-tiba mendapat firasat bahwa harus berburu sinyal. Di tengah hujan lebat dan jauh dari perkampungan, akhirnya Ilham mendapat telepon dari penyelenggara pusat mengenai hasil audisi online yang dia ikuti.

“Ham, kamu harus mulai belajar dan hafalin banyak lagu, ya. Nanti tunggu info lagi, kita akan telepon kamu,” tutur Ilham saat menirukan percakapan dengan panitia pusat.

“Nah, di situ saya bersyukur. Tidak langsung pulang saat hujan turun meskipun saya tidak tahu berburu sinyal untuk apa. Saya tidak ada janjian telepon atau keperluan lain. Pokoknya nyari sinyal saja. Coba seandainya saya pulang? Tentu tidak akan menerima telepon dan kesempatan itu melayang,” cerita Ilham kepada redaksi Bernas.id saat di sela pengambilan video klip di Yogyakarta akhir November lalu. Ilham berbagi cerita mengenang awal perjuangannya sampai bisa ke Jakarta dan bertahan hingga saat ini sebagai seorang penyanyi. (tan) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.