Berita Nasional Terpercaya

Kondisi Tak Membaik, Dewan Minta Dilakukan Pembatasan Tempat Umum

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kondisi kasus Covid-19 belakangan di DIY yang sangat memprihatinkan, membuat DPRD DIY meminta dilakukannya tindakan signifikan untuk mengurangi laju pertambahan penularan yang sudah sangat massif. Salah satunya adalah pembatasan tempat umum.

“Kami sudah memantau langsung di berbagai rumah sakit dan layanan kesehatan di DIY.  Kondisinya sangat memprihatinkan, bed-bed Covid penuh di berbagai RS. Rekan-rekan tenaga medis sudah sangat kelelahan luar biasa, mereka juga sangat beresiko tertular. Ini realitas yang harus disikapi serius,” ujar Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, Kamis (10/12/2020).

Ia menjelaskan, sudah beberapa bulan ini tempat umum kembali sangat ramai namun minim penerapan protokol kesehatan. Ini perlu penegakan dan pembatasan secara serius.

“Misalnya dengan membatasi jumlah pengunjung, menjadwalkan pengunjung,  melakukan penjagaan ketat, bagi pelanggar protokol kesehatan tidak boleh tidak masuk, dan sebagainya,” katanya.

Huda menganggap pemda perlu melibatkan aparat secara lebih massif. Satpol PP saja yang ditugaskan untuk mengawasi menurutnya tidak cukup. 

“Apalagi sebentar lagi ada libur panjang, dan pengalaman setelah libur panjang kenaikan kasus drastis. Perlu koordinasi khusus terkait libur panjang dan pembatasan tempat keramaian dengan aparat dan pemerintah kabupaten kota kebawah. Jangan sampai sistem pelayanan kesehatan di DIY tidak mampu merawat pasien lagi,” katanya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan pilkada 2020 di DIY menurutnya sudah berlangsung dengan baik. Berdasarkan pantauan secara umum di berbagai TPS, tampak bahwa sudah dilaksanakan protokol kesehatan secara penuh. “Semoga kemarin tidak menyebabkan klaster baru,” pungkasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.