Berita Nasional Terpercaya

Sleman Kini Memiliki Desa Mina Wisata Technopark

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kabupaten Sleman kini memiliki Desa Berdaya Sejahtera Mandiri (Desa BSM) Mina Wisata Technopark di Desa Candi Binangun, Pakem, Sleman, DIY. Mina Padi merupakan usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah menjadi kolam budidaya ikan jenis nila merah.

Program tersebut terselenggara berkat kerjasama Pemkab Sleman dengan Rumah Zakat, Laznas BSM, dan Bank Mandiri Syariah. Bupati Sleman, Sri Purnomo meresmikan secara langsung Desa BSM Mina Wisata Technopark tersebut secara virtual. 

Bupati Sleman berharap ke depan Desa BSM Mina Wisata Technopark menjadi percontohan mina wisata lain di Kabupaten Sleman. ?Segala pendampingan dan bantuan dari segala pihak tetap kita harapkan agar Samberembe semakin berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat,? tuturnya, Rabu (27/1/2021).

Ia pun berharap Desa BSM Mina Wisata Technopark mampu meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Sleman pada tahun 2021.

Direktur Mandiri Syariah, Anton Sukarna mengatakan, Desa Candi Binangun mempunyai potensi sumber daya untuk pengembangan pertanian apalagi lokasinya yang terletak di kaki Gunung Merapi. “Kami melihat desa seluas 636 Ha ini dapat dikembangkan dengan fokus utama budidaya Mina Padi dan Agrowisata,” ujarnya.

Lanjut Anton, Desa BSM merupakan program pemberdayaan masyarakat sekaligus implementasi Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK No. 51/2017) terkait Sustainable Finance atau Keuangan Berkelanjutan yang telah tertuang di dalam Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) 2020.

“Desa Agrowisata Candi Binangun menjadi Desa BSM yang keempat setelah Desa Rejo Asri di Lampung Tengah (Padi Sehat), Desa Kedarpan di Purbalingga (Peternakan Kambing), dan Desa Jati di Trenggalek (Peternakan Sapi),” tuturnya.

Direktur Laznas BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah menjelaskan pola budi daya Mina Padi yang tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia menjadikan padinya itu organik. Sementara ikan Mina Padi, merupakan produk unggulan daerah Sleman dan salah satu penyuplai kebutuhan ikan di Jogja dan sekitarnya.

Pertanian sistem Mina Padi di Sleman ini, lanjut Rizqi, telah menjadi percontohan di wilayah Asia Pasifik oleh FAO (Food and Agriculture Organization) dan dapat dikembangkan menjadi kawasan agrowisata sehingga lebih dapat menggerakkan kegiatan usaha lainnya atau multiplier effect. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.