Berita Nasional Terpercaya

Program Kerja yang Akan dijalankan Gibran Setelah Sah Menjadi Wali Kota Solo

0

Bernas.id ? Anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bersama pasangannya Teguh Prakosa terpilih sebagai Wali Kota Solo. Gibran mengaku mendapat kabar akan dilantik pada akhir Februari mendatang, namun dia mengaku belum bisa memastikan.

?Wah enggak tahu. Kita tunggu saja dari Pak Mendagri. Ada kabar itu tanggal 17, ada kabar juga itu mundur sampai akhir bulan. Ya saya ngikut saja,? ujar Gibran di Solo, Selasa (9/2).

Diketahui, Wali Kota Solo saat ini, FX Hadi  Rudyatmo, akan habis masa jabatannya sebagai wali kota pada 17 Februari 2021. Namun, hingga kini Kemendagi masih belum bisa menetukan jadwal pelantikan kepada daerah untuk pemenang Pilkada 2020.

Kepala Pusat Penanganan Kemendagri, Benni Irwan, mengatakan bahwasannya saat ini pihaknya belum bisa menetukan jadwal pelantikan kepada daerah hasil pilakda 2020 lantaran masih ada sengketa di Mahkamah Konstitusi. ?Secara prnspi, Kemendagri berupaya supaya pelantikan dapat dilakukan dengan tepat waktu, sesuai dengan akhir masa jabatan,? ujarnya.

?Namun demikian sangat bergantung juga pada kesiapan masing-masing daerah, terutama dalam memenuhi persyaratan pelantikan sebagaimana yang diatur oleh perundang-undangan,? sambungnya.

Gibran tidak mengurusi hal tersebut, sembari menunggu jadwal dirinya akan dilantik, dia menggali informasi dari Pemerintah Kota Solo terkait rutinitas Rudy selaku Wali Kota Solo saat ini selama menduduki jabatan tersebut. Koordinasi juga telah dilakukan dengan Bagian Umun Pemkot Solo yang mengurusi semua kebutuhan dari rumah dinas wali kota Solo.

Gibran menjelaskan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan Rudy, mulai dari menemui tamu pada pukul 06.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan berangkat enuju Balikota Solo pada pukul 07.00 WIB. Gibran juga memastikan bahwasanya program-program Pemkot Solo ketika dipimpin oleh Rudy akan tetap dilanjutkan, salah satunya mider projo.

Mider projo merupakan kunjungan lapangan yang dilaksanakan dengan bersepeda secara bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan setiap Jumat dengan diikuti oleh Wali Kota Solo, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) beserta jajaran Kepala Dinas dan kepala BUMN.

Dia juga menjamin akan tetap melanjutkan kebiasaan Rudy menebus ijzah warga yang ditahan sekolah karena belum melunasi biaya pendidikan. Untuk sekolah negeri, pembebasan biaya dilakukan dengan menggunakan Surat Keputusan dari walikota, sementara untuk sekolah swata, Rudy membayar dengan dana pribadi.

?Saya tegaskan, jadwalnya jangan diubah. Mider projo, program ijazah nanti kita lanjut. Pokoknya kebiasaan baik pak Rudy pasti saya lanjutkan,? katanya.

Gibran juga menyebutkan yang menjadi prioritas setelah dilantik adalah mengenai percepatan pemulihan ekonomi serta masalah kesehatan di Kota Solo.?Saya bersama Wakil Wali Kota terpilih, Teguh Prakosa, untuk ke depannya menjadi mitra di Pemerintahan Kota Suratkarta untuk kerja,kerja dan kerja,? kata Gibran setelah ditetapkan sebagai Wali Kota Solo.

Selain itu, Gibran juga mengatakan program vaksinasi juga akan dikawal. Vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan untuk pelayanan dan penanganan Covid-19. (Ktv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.