Berita Nasional Terpercaya

Manfaat Microsoft Word Bagi Dunia Pembelajaran

0

Bernas.id – Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, peranannya dalam membantu masyarakat. Tak terkecuali untuk dunia pendidikan atau pembelajaran, dengan adanya teknologi yang semakin canggih para pendidik tidak lagi melakukan pembelajaran dengan cara menuliskan materi di papan tulis sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru dan Dosen, dengan memanfaatkan teknologi informasi menjadi salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengajar. Pemahaman IT bukan hanya digunakan sebagai respon bagi perkembangan zaman, tetapi juga sebagai kewajiban pendidik untuk memenuhi kompetensi tersebut.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Penggunaan teknologi perangkat lunak dengan aplikasi pengolah data sangat dibutuhkan di dunia pembelajaran. Hal ini dikarenakan sangat membantu proses pembelajaran serta mempermudah para pelajar dan pendidik ketika membuat materi pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi pengolah data tersebut dapat menciptakan sebuah proses pembelajaran yang sistematis dan menarik. Perkembangan teknologi khususnya untuk kalangan pelajar bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan aplikasi yang mudah.

Microsoft word adalah salah satu dari sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data serta memiliki antar muka yang dapat dipahami oleh penggunanya. Aplikasi ini pertama kali diterbitkan tahun 1983, pada awalnya nama yang dipakai yaitu Multi Word yang kemudian dikembangkan bagi berbagai sistem operasi.

Microsoft word juga merupakan aplikasi yang paling sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Aplikasi tersebut digunakan dalam menyampaikan materi-materi dengan metode komputerisasi sehingga proses pembelajaran menjadi tidak monoton. Dengan microsoft word pula, pembuatan sebuah dokumen pembelajaran menjadi lebih menarik serta dapat menambahkan gambar dalam dokumen yang akan kita buat tersebut. Penggunaan microsoft word juga mampu untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam penulisan serta mengurangi penggunaan kertas yang dapat merusak lingkungan.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

Berikut Fungsi Microsoft Word Secara Umum Sebagai Word Processing

1. Pembuatan

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat sebuah dokumen. Bagi dunia pembelajaran dokumen merupakan hal lumrah yang wajib dimiliki setiap pendidik maupun pelajarnya. Dalam tingkatan mahasiswa pun, membuat dokumen sudah menjadi makanan sehari-hari mereka. Dokumen yang biasa dibuat bisa berupa proposal, karya tulis, tugas-tugas, observasi, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi microsoft word ini tentunya hal-hal di atas dapat diatasi dengan mudah.

2. Pengeditan

Ketika sudah membuat sebuah dokumen, tentunya kita harus melakukan sebuah pengecekan, apakah dokumen tersebut sudah benar baik dari segi penulisan maupun isi dari dokumen tersebut. Jika dirasa masih ada yang kurang, kita bisa melakukan poses edit dokumen secara mudah dan praktis. Tidak hanya dokumen yang sudah kita buat saja yang bisa kita edit, namun dokumen dari aplikasi lainnya juga dapat kita edit sesuai keinginan kita.

3. Pemformatan

Dengan menggunakan microsoft word dalam dunia pembelajaran ataupun hal lainnya, kita bisa membuat sebuah dokumen yang lebih bagus, menarik dan profesional. Karena pada aplikasi ini terdapat fitur format dokumen yang sangat banyak dan tentunya bervariasi, seperti ukuran kertas (size), margin. Jenis huruf, besar huruf, warna huruf, tipe tulisan hingga penggunaan aquation matematika.

Sementara itu, microsoft word juga tidak hanya memiliki fungsi sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, tetapi juga memiliki manfaat dan kegunaan dalam dunia pembelajaran.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

Ini Manfaat Microsoft Word

1. Dapat digunakan untuk membuat dokumen yang dapat dicetak seperti surat, laporan pembelajaran dan lain sebagainya

Dalam proses pembelajaran sekarang ini tidak menutup kemungkinan bagi para pengajar maupun siswa untuk membuat sebuah dokumen yang dapat dicetak. Dengan adanya aplikasi micorsoft word ini dalam pembuatan dokumen tersebut menjadi lebih mudah karena kita dapat langsung mengetik huruf demi huruf untuk menjadikannya sebagai sebuah kalimat. Hal ini juga akan lebih menghemat waktu, karena anda tidak perlu datang ke sebuah warnet, tetapi anda bisa langsung mengeksekusi sebuah dokumen menggunakan handphone atau komputer yang sudah terdapat aplikasi microsoft word.

2. Dapat digunakan untuk membuat buku elektronik dengan berbagai format

Bagi beberapa para pengajar buku elektronik merupakan hal yang wajib ada demi menunjang proses pembelajaran yang menarik. Proses pembuatan buku elektronik juga dapat anda lakukan di aplikasi microsoft word, dengan menggunakan fitur format penulisan yang ada maka buku elektronik yang dihasilkan pun akan menarik sehingga para pelajar tidak akan bosan ketika membacanya.

Baca juga: Interpretasi: Pengertian, Tujuan, dan Macam-macamnya 

3. Proses membuat surat dan dokumen ilmiah menjadi lebih cepat

Surat menyurat merupakan hal yang lumrah dalam dunia pembelajaran, sering kali pengajar memberikan surat pemberitahuan kepada siswanya atau dengan memberikan proposal sekolah kepada pemilik dan yayasan. Sedangkan dalam dunia pembelajaran tingkat universitas pembuatan dokumen ilmiah juga sering dilakukan baik itu karya ilmiah, proposal, tesis, observasi maupun skripsi. Maka dengan adanya microsoft word ini semua dokumen yang akan dibuat untuk proses pembelajaran maupun kepentingan dalam urusan penugasan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Terlebih lagi, dalam aplikasi ini dilengkapi dengan penambahan halaman untuk setiap page serta terdapat cover-cover yang bisa digunakan untuk mempercantik surat dan dokumen ilmiah anda. Dalam pembuatan dokumen ilmiah, anda juga bisa menggunakan fitur references supaya dokumen yang ada buat tampak seperti dokumen ilmiah lainnya.

4. Terhubung langsung dengan aplikasi SkyDrive

Microsoft word juga terkoneksi dengan aplikasi SkyDrive. Yang dimana aplikasi ini memudahkan anda melakukan penyimpanan dokumen otomatis secara online. Maka ketika anda membuat sebuah dokumen, namun anda lupa untuk menyimpan dokumen tersebut, jika anda sedang online (terkoneksi internet) tidak perlu risau, sebab dokumen sudah tersimpan secara otomatis.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

5. Memudahkan dalam pembuatan brosur atau undangan lipat

Dalam proses pembelajaran biasanya tingkat mahasiswa untuk jurusan bisnis sering diarahkan untuk membuat sebuah brosur produk untuk penugasan baik individu maupun kelompok. Atau bagi pihak sekolah dan universitas yang akan membuat sebuah undangan bagi wali murid maupun pihak instansi terkait. Pada aplikasi ini juga memudahkan proses pembuatan brosur atau undangan yang langsung bisa membuat garis untuk melipatnya. Sehingga lipatannya pun akan terlihat lebih rapi dan juga tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, untuk bentuk dan tampilan dari sebuah undangan dapat kita sesuaikan sesuai dengan keinginan kita.

Nah, itulah beberapa fungsi, manfaat serta kegunaan dari aplikasi microsoft word bagi dunia pendidikan atau pembelajaran.

Bagi para siswa atau mahasiswa, sebaiknya gunakan aplikasi microsoft word dengan seperlunya saja agar dapat selalu bermanfaat untuk setiap harinya. Dan juga, bagi para pendidik sebaiknya melakukan proses pengawasan dan kontrolisasi kepada siswa ketika menggunakan aplikasi tersebut. Serta bagi sekolah-sekolah yang belum menerapkan adanya sistem komputerisasi dalam metode pembelajaran sebaiknya mulai memberlakukan, karena hal tersebut dapat menunjang proses pembelajaran supaya menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.(ktv)

Baca juga: Teks Eksplanasi Adalah Kalimat Penjelasan, Benarkah? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.