Berita Nasional Terpercaya

Beasiswa Kuliah di Jogja 2021, Cek dan Siapkan Persyaratannya

0

Bernas.id – Sampai saat ini, Jogja masih menjadi kota tujuan favorit untuk kuliah. Wajar jika Jogja dijuluki sebagai kota pelajar. Banyak pelajar dari berbagai daerah di Indonesia yang merantau ke kota ini untuk melanjutkan pendidikan.

Suasana Jogja yang istimewa membuat banyak mahasiswa merasa nyaman belajar di kota ini. Beberapa mahasiswa bahkan mengaku jatuh cinta dengan kota ini dan susah untuk meninggalkannya. Berada di Jogja membuat para perantau merasa selalu muda, kreatif, dan bersemangat.

Universitas di Jogja sangat banyak. Secara keseluruhan, jumlah kampus di Jogja lebih dari 100 kampus negeri dan swasta. Ada beberapa kampus yang cukup terkenal, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN), Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI).

Setiap kampus menawarkan banyak program studi atau jurusan yang beragam. Kamu bisa memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Kamu bisa mengambil kuliah S1 dan S2  gratis di Jogja menggunakan beasiswa. Namun ada syarat-syarat tertentu yang harus kamu siapkan. Berikut beasiswa kuliah di Jogja 2021 yang bisa kamu pilih.

Baca juga: BUDI, Program Beasiswa Khusus Dosen Hasil Kerjasama LPDP dan Kemeristekdikti

Beasiswa S1 Unggulan

Cara untuk kuliah gratis di Joga pada tahun 2021 yakni dengan memanfaatkan beasiswa unggulan. Beasiswa unggulan adalah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program yang ditawarkan meliputi jenjang S1, S2 dan S3. Baik itu untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa unggulan memang sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar. Program beasiswa ini biasanya dibuka di pertengahan tahun atau bertepatan dengan masa pergantian tahun ajaran baru. Oleh karena itu, untuk mendapatkan beasiswa unggulan 2021 kamu harus menyiapkannya mulai dari sekarang.

Bantuan yang diberikan oleh beasiswa unggulan berupa biaya pendidikan, uang buku, biaya penelitian, biaya hidup bulanan, dan masih ada lagi. Syarat dan ketentuan yang lebih lengkap bisa dilihat di laman resmi Kemdikbud. Kejar beasiswa ini jika ingin kuliah gratis di Jogja.

Baca juga: Jurusan Langka di Jogja dan Peluang Kerja Tinggi, Jurusan Sistem Informasi Geografi UNMAHA

Beasiswa KIP kuliah

Bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu, jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa kuliah di Jogja dengan memanfaatkan beasiswa KIP kuliah. Program beasiswa tersebut sebelumnya bernama Bidik Misi.

Beasiswa KIP kuliah dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai solusi untuk siswa dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa ini dibuka untuk program S1. Syarat untuk mendapatkannya, yakni pelajar harus berprestasi.

Beasiswa ini memberikan bantuan meliputi berbagai cakupan. Mulai dari biaya hidup, biaya kuliah, kebutuhan studi, dan sebagainya. Layanan beasiswa ini biasanya dibuka saat masa masuknya tahun ajaran baru.

Baca juga: Jadi Idaman, Kenali Jenis-Jenis Beasiswa LPDP dan Tahap Seleksinya

Beasiswa Etos

Selain program bantuan dari pemerintah seperti beasiswa unggulan dan KIP kuliah, ada juga beasiswa Etos. Beasiswa ini memberikan bantuan kepada pelajar yang diterima di sejumlah PTN. Prioritas program ini ialah bagi pelajar dari keluarga kurang mampu.

Fasilitas yang didapat oleh penerima beasiswa ini, yaitu capacity building/development program selama 4 tahun. Program tersebut, di antaranya team building, career coaching, character building, spiritual awareness, persiapan pasca kampus, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, penerima beasiswa juga disediakan asrama mahasiswa untuk masa waktu 2 tahun, uang saku selama 8 semester, biaya pendidikan 8 semester, dan apresiasi prestasi dalam negeri dan luar negeri.

Beasiswa PPA/BPP PPA

Beasiswa lain yang bisa kamu pilih untuk dapat kuliah gratis, yakni beasiswa PPA/BPP PPA. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai nilai dan prestasi akademik yang bagus. Penerimanya dari kampus negeri maupun swasta.

Bantuan yang akan didapat oleh penerima beasiswa ini, yakni uang pendidikan sebesar Rp400 ribu per bulannya. Beasiswa ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: 4 Tips Menulis Motivation Letter yang Baik Agar Lolos Beasiswa

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan program dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S2 dan S3 untuk tujuan PTN dalam negeri maupun luar negeri, riset, dan pendidikan. Kualifikasi penerima beasiswa ini ada beragam, mulai dari mahasiswa berprestasi, daerah afirmasi, mantan penerima bidik misi, dan sebagainya.

Bantuan yang diberikan dalam beasiswa LPDP seperti dengan beasiswa unggulan, bahkan dibilang lebih lengkap. Mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, uang buku, uang penelitian, dan sebagainya. Syarat dan ketentuan beasiswa ini bisa dibuka di lama resmi LPDP.

Beasiswa KPMG ASEAN

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang menempuh program studi bisnis dan akutansi. Beasiswa KMPG ASEAN Scholarship menawarkan layanan yang cukup menarik. Salah satunya, penerima beasiswa akan  mendapat bantuan uang kuliah sejumlah Rp 45 juta per tahun.

Baca juga: 35 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Beasiswa S1 VDMS

Beasiswa yayasan VDMS (Van Deventer-Maas Stichting) ditujukan bagi mahasiswa jenjang S1 dan D3 dalam negeri. Layanan beasiswa ini diberikan kepada kampus yang menjadi mitra VDMS. Beberapa kampus di Jogja yang menjadi mitra, di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Sanata Dharma  (USD).

Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan berupa dana bulanan senilai Rp650.000, bonus TOEFL, dan pelatihan pengembangan kapasitas diri.

Beasiswa S1 Pertamina

PT Pertamina memberikan bantuan beasiswa S1 dan Diploma melalui program Sobat Bumi. Kesempatan beasiswa tersebut terbuka bagi mahasiswa yang cerdas, kreatif, serta peduli lingkungan. Universitas di Jogja yang menjadi mitra beasiswa ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bantuan yang diberikan kepada penerima beasiswa ini berupa uang UKT maksimal Rp10 juta untuk waktu satu tahun, pengembangan diri dan kegiatan Aksi Sobat Bumi, serta mendapat biaya hidup senilai Rp500.000 per bulan.

Beasiswa IsDB

IsDB merupakan program beasiswa yang diluncurkan oleh Islamic Development Bank.  Beasiswa ini ditujukan bagi negara anggota IsDB, termasuk Indonesia. Program yang dibuka, yaitu jenjang S1 perguruan tinggi negeri. Universitas di Jogja yang menerima beasiswa ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bantuan yang diberikan kepada penerima beasiswa ini berupa tanggungan biaya pendidikan, biaya hidup, tranportasi, dan sebagainya. Program beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Desember hingga Februari.

Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation membuka layanan beasiswa untuk jenjang S1 dan S2. Program beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menjadi mitra Tanoto Foundation. Universitas di Jogja yang menjadi mitra beasiswa ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan berupa pembayaran biaya kuliah selama 8 semester, uang bulanan, pengembangan kepeminpinan melalui beberapa program.

Itu tadi beberapa beasiswa kuliah di Jogja 2021 yang bisa anda ambil. Dengan pilihan beberapa beasiswa tersebut kini kamu dapat kuliah secara gratis. Namun persiapkan segala persyaratannya dari sekarang agar dapat lolos dalam program beasiswa yang anda pilih.

Disarankan bagi anda untuk segera memiliki investasi rumah desain 2 lantai di Jogja yang saat ini. Selain nilainya semakin meningkat dan lokasinya strategis, rumah tersebut dapat dijadikan rumah kost atau dikontakkan untuk kegiatan usaha. 

Baca juga: Investasi Kavling Tanah Jonggol Menguntungkan Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.