Berita Nasional Terpercaya

Sadari, Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Rumah untuk Anda

0

Rumah merupakan salah satu aset yang memiliki nilai yang tinggi dan dapat dijadikan investasi maupun tempat tinggal. Agar nilainnya terus meningkat, rumah juga memerlukan perawatan dan juga pemeliharaan secara berkala.

Layaknya tubuh manusia, rumah juga memerlukan perlindungan terhadap hal-hal yang berada diluar jangkauan. Hal-hal tersebut seperti kebakaran, gempa, banjir serta huru-hara yang dapat terjadi kapan saja.

Untuk melindungi rumah dari kerugian yang diakibatkan oleh faktor-faktor eksternal, maka memiliki asuransi rumah merupakan pilihan yang tetap. Asuransi rumah menawarkan berbagai perlindungan atas kerugian yang datangnya tidak dapat diprediksi. Tertarik melindungi rumah Anda dengan Asuransi?

 

Pengertian Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah asuransi yang memberikan perlindungan apabila timbul kerugian akibat terjadinya kebakaran, tindak pencurian, atau kerusakan yang terjadi akibat bencana alam. Keuntungan memiliki asuransi rumah adalah segala bentuk risiko kerugian yang muncul akibat berbagai hal seperti diatas, akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi sesuai aturan polis yang berlaku.

Asuransi rumah dapat dikategorikan sebagai dana cadangan bagi keuangan anda, misalkan saja terjadi kebakaran rumah dan berakibat menghabiskan seluruh bangunan anda. Yang terpikirirkan pada situasi seperti ini hanyalah panik. Namun, dengan memiliki asuransi anda dapat sedikit tenang, karena kerugian yang ditimbulkan akan diganti sehingga anda dapat memperbaiki rumah anda kembali.

 

Jenis Asuransi Rumah

Ketika anda menyadari mengenai pentingnya memiliki Asuransi bagi rumah Anda, selanjutnya kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya.

1. Property All Risk

Ini merupakan jenis asuransi kebakaran yang disebut juga dengan unnamed perils. Artinya, asuransi ini memberikan jaminan terhadap keseluruhan risiko yang terjadi pada harta benda dan atau hal-hal yang dipertanggungkan, terkecuali risiko-risiko seperti perang, terorisme, nuklir dan radioaktif, keterlambatan, kehilangan pangsa pasar, kesengajaan, ketidakjujuran karyawan, kerusakan mekanik dan boiler,aus, korosi, sifat barang itu sendiri, polusi atau kontaminasi.

Asuransi Properti All Risk (PAR) berlaku bagi bangunan non industri seperti, kantor, rumah tinggal, rumah sakit, sekolah dan berbagai bangunan properti lainnya. Sedangkan jaminan untuk Asuransi Properti All Risk (PAR) adalah meliputi kerusuhan,pemogokan kerja, huru-hara, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor dan berbagai bencana lainnya.
 

2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Asuransi ini dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai bentuk layanan asuransi kebakaran. Produk Asuransi ini memberikan perlindungan pada harta benda dan barang yang dipertanggungkan yang disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, pesawat jatuh, dan asap.

 

Biaya Premi Asuransi Rumah

Sebelum mengetahui berapa premi polis yang harus dibayarkan, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui :

  1. Berapakah nilai properti Anda?
  2. Seberapa besar tingkat resiko disekitar lingkungan rumah Anda?
  3. Bagaimana kualitas bangunan Anda? Semakin rendah kualitasnya, premi pun semakin tinggi.

Ilustrasi perhitungan premi :

Nilai Rumah           : RP 100,000,000 (bangunan & isi)

Rate                      : 0.2194%

Premi                    : Rp 100,000,000 x 0.2194% = Rp 219,40

Namun, untuk premi yang sesuai dengan rumah yang anda miliki dapat dikonsultasikan dengan agen asuransi pilihan anda.

 

Manfaat Asuransi Rumah

Jika anda tertarik untuk membeli Asuransi Rumah namun masih ragu dengan manfaatnya, berikut beberapa ulasannya :

  1. Manfaat pertama adalah sebagai tindakan preventif dengan mengalihkan risiko dan kerugian finansial yang anda alami kepada pihak asuransi. Dengan memiliki polis asuransi, maka segala bentuk risiko kerugian yang tidak terprediksi akan ditanggung oleh pihak perusahaan Asuransi.
  2. Melindungi properti Anda dari risiko kehilangan yang diakibatkan oleh pencurian atau perampokan.
  3. Tak hanya memberikan pengatian materiil, perusahaan Asuransi juga menyediakan solusi berupa tempat perlindungan sementara ketika bencana alam terjadi.
Leave A Reply

Your email address will not be published.