Berita Nasional Terpercaya

Cara Registrasi Kartu Prakerja, Ini Syarat dan Ketentuannya

0

BERNAS.ID – Kartu Prakerja merupakan suatu program pengembangan kompetensi berbentuk bantuan biaya yang difokuskan untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK serta para pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensinya. Program pemerintah ini didesain agar memberikan nilai bagi pengguna serta bagi sektor swasta.

Program ini melalui digital marketplace. Marketplace ini dipilih agar memudahkan untuk para pengguna dalam hal mencari, membandingkan, memilih serta memberikan evaluasi. Program ini juga merupakan bukti kerjasama antara pemerintah dengan swasta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat guna membentuk SDM yang unggul untuk Indonesia maju.

Untuk syarat dan ketentuan yang ditetapkan program prakerja, pengguna disarankan agar membaca secara detail sebab hal ini akan berdampak pada hak dan kewajiban bagi pengguna di bawah hukum. Dalam syarat dan ketentuannya, pengguna harus berusia minimal 21 tahun (sudah menikah) serta tidak berada di bawah pengampuan.

Ini diberlakukan supaya pengguna mempunyai kapasitas diri secara hukum serta bisa meningkatkan diri. Jika pengguna tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, maka tindakan hukum bagi pengguna dalam mengakses, melakukan pendaftaran pada situs website harus dalam pengawasan serta persetujuan dari pihak orang tua.

Bagi para orang tua yang memberikan persetujuan bagi putra putrinya untuk mengakses situs website kartu prakerja wajib bertanggung jawab secara hukum atas segala tindakan yang nantinya dilakukan oleh putra putrinya (pengguna). Dengan melakukan pendaftaran serta menggunakan website kartu prakerja, maka pengguna diakui telah mengerti, memahami serta menyetujui semua kandungan yang termuat dalam syarat dan ketentuannya.

Jadi, syarat dan ketentuan ini adalah bentuk kesepakatan melalui sebuah perjanjian yang sah antara pengguna dengan pihak kartu prakerja. Pengguna merupakan pihak yang dapat mengakses serta menggunakan situs website dari kartu prakerja. Jika terdapat pengguna yang tidak menyetujui dan memenuhi isi dari syarat dan ketentuan yang berlaku, maka pihak manajemen pelaksana berhak untuk memberhentikan penggunaan layanan dari kartu prakerja.

Nah, apakah anda ingin mendaftar untuk program kartu prakerja namun tidak tahu bagaimana cara mendaftarnya? Tidak perlu risau. Berikut ini cara melakukan registrasi program prakerja. Jika anda ingin mendaftar program kartu prakerja, sebelumnya anda harus mengakses melalui website https://www.prakerja.go.id/ terlebih dahulu sebelum login untuk membuat akun. Tenang, registrasi program ini tidaklah sulit, kamu bisa memakai email atau nomor ponsel yang aktif.

Setelah mengakses dan login pada website tersebut, sebelumnya pendaftar diwajibkan untuk mengisi data serta informasi yang dibutuhkan secara benar pada website tersebut. Pendaftar juga harus memberikan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah.

Cara Membuat Akun untuk Kartu Prakerja di Website prakerja.go.id :

  1. Menginput data diri beserta dengan password
  2. Jika sudah, selanjutnya klik daftar
  3. Kemudian verifikasi email anda
  4. Setelah ada email masuk, selanjutnya silahkan lakukan verifikasi yang sudah dikirimkan via email
  5. Selesai. Anda sudah berhasil membuat akun Kartu Prakerja

Nah, itulah cara untuk membuat akun pada website Kartu Prakerja. Apakah hanya sampai situ saja? Tentu tidak, anda harus melakukan registrasi kembali, mengingat registrasi pertama yang anda lakukan hanya untuk membuat akun dan login saja.

Ini Cara Registrasi Kartu Prakerja :

  1. Tahap pertama, anda harus login kembali dengan akun yang sebelumnya sudah anda buat.
  2. Setelah berhasil login, kemudian anda klik Dashboard.
  3. Selanjutnya isi verifikasi KTP anda, setelah selesai lalu klik berikutnya.
  4. Setelah itu, lengkapi data diri sesuai KTP milik anda yang sah serta unggah foto KTP (swafoto bersama KTP).
  5. Tahap terakhir yakni verifikasi nomor telepon anda (nomor yang aktif), kemudian klik kirim.
  6. Berikutnya, anda harus mengikuti tes.
  7. Setelah itu, mengikuti batch (pilih batch yang diinginkan serta sesuai dengan domisili).
  8. Pedaftaran selesai.
  9. Selanjutnya anda tinggal menunggu proses evaluasi dari pendaftaran ini.

Itulah tadi cara melakukan registrasi pendaftaran Kartu Prakerja. Anda ingin mencobanya? Silahkan saja, namun sebelum itu anda harus membuat akun terlebih dahulu dan pastikan bahwa usia anda di atas 21 tahun.(ktv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.