Berita Nasional Terpercaya

Cara Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi, Dijamin Kuat dan Rapi

0

Kamar mandi menjadi ruang di rumah yang biasanya ukurannya paling kecil. Meski begitu, kamar mandi jadi ruang yang penting bagi banyak orang karena menjadi tempat personal. Banyak penghuni rumah yang merancang kamar mandinya sebagus mungkin agar memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Salah satu cara mewujudkannya adalah, dengan memasang keramik kamar mandi. Keramik yang ada di kamar mandi tidak sekadar pada bagian lantai, namun juga dindingnya. Penggunaan keramik akan membuat kamar mandi Anda menjadi lebih bersih, rapi, indah, serta semakin sejuk. Anda bisa memilih sendiri motif dan warna keramik yang Anda inginkan.

Namu memasang keramik dinding kamar mandi lebih sulit dari memasang di ruang biasa. Jika Anda tidak terbiasa melakukannya, Anda akan cukup kerepotan dengan ukuran tempatnya yang sempit. Kemudian kondisi kamar mandi yang lembab dan selalu berair membuat pemasangan keramik harus dilakukan dengan teliti. 

Meski begitu, Anda tetap bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan tukang. Asalkan memahami caranya. Berikut cara memasang keramik dinding kamar mandi yang bisa Anda terapkan.

 

Menentukan Jenis Keramik

Langkah paling awal memasang keramik dinding bagi pemula adalah menentukan jenis keramiknya. Keramik tersedia dalam berbagai jenis, ukuran yang berbeda, motif bervariasi, hingga punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Terlebih ruang kamar mandi mempunyai kondisi yang berbeda dengan ruang lainnya. Pilihlah keramik yang punya sifat kuat terhadap kelembaban, rendah porositas,  warna yang awet, dan mudah dibersihkan. 

Selain itu, Anda juga harus memilih motif atau corak keramik semewah mungkin, agar tampilan kamar mandi menjadi lebih elegan. Jangan lupa juga memilih keramik yang punya warna selaras dengan dinding kamar mandi.

 

Mempersiapkan Peralatan Pendukung

Alat-alat yang digunakan untuk memasang keramik kamar mandi perlu Anda siapkan. Komponen alatnya sama seperti yang digunakan oleh tukang-tukang bangunan. Siapkan semuanya dengan lengkap, mulai dari palu, meteran, pensil, penggaris, paku beton, semen, dan komponen lainnya.

 

Mempersiapkan Dinding

Setelah semua peralatan siap, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dinding. Maksudnya adalah Anda harus membersihkan terlebih dahulu bagian dinding yang ingin dipasangi keramik. Dinding harus benar-benar bersih secara rata.

Selain itu, Anda juga harus memastikan permukaan dinding tersebut sifatnya rata. Sebab jika dinding belumrata, maka pemasangan keramik tidak bisa sejajar rapi. Jika dinding cukup sulit untuk diratakan, Anda bisa menggunakan bantuan semen.

 

Memasang Keramik

Cara-Pasang-Keramik-Bagi-PemulaKeramik dinding minimalis (Foto: Dekoruma)

Apabila dinding sudah bersih dan rata secara menyeluruh, maka saatnya untuk memasang keramik. Perlu Anda perhatikan, memasang keramik tidak bisa sembarangan asal tempel. Namun ada langah-langkah khususnya sebagai berikut ini.

 

Merendam Keramik

Cara-Pasang-Keramik-Bak-Kamar-mandi

Keramik kamar mandi elegan (Foto: Pinterest)

Pastinya setiap penghuni rumah menginginkan keramik yang kuat dan awet. Untuk mendapatkan kualitas tersebut, Anda perlu merendam keramik selama beberapa jam. Cara ini bertujuan untuk membuat daya rekat keramik lebih ampuh. Sehingga ketika dipasang, dapat menempel dengan sempurna dengan adonan semen.

 

Memasang Benang ke Dinding

Benang berfungsi untuk merapikan atau membuat susunan keramik menjadi sejajar. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan benang dalam memasang keramik dinding kamar mandi. Caranya, pasanglah benang ke permukaan dinding.

Benang tersebut Anda jadikan sebagai penggaris keramik. Jangan lupa untuk menghitung total ukuran dinding. Lalu ukuran tersebut dibagi dengan panjang keramik untuk mengetahui jumlah keramik yang diperlukan. 

 

Pasang Keramik dengan Urut

Cara-Pasang-Keramik-Dinding-Tanpa-Benang

Keramik kamar mandi keren (Foto: Paradyz)

Pemasangan keramik dinding kamar mandi harus dilakukan secara urut. Anda bisa memulainya dari tengah. Cari bagian paling tengah menggunakan benang sebagai penggaris tadi, kemudian tAndailah titik tersebut. 

Jangan lupa juga untuk mengukur tinggi dinding. Batasan tinggi dinding tergantung kebutuhan pemilik rumah. Ada yang keramik penuh sampai atas, namun terkadang ada juga yang hanya setengah tinggi dinding.  Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan batas pemasangan secara horizontal.

 

Pasang Keramik dengan Sempurna

Cara-Menimbang-Pasang-Keramik

Keramik kamar mandi mewah (Foto: Pinterest)

Sebelum mulai memasang, pastikan adonan semen sudah tersaji dengan sempurna. Jika sudah, Anda tinggal menempelkan keramik pada dinding memakai semen. Buatlah bolongan-bolongan kecil pada dinding. Fungsi bolongan tersebut untuk penempatan semen. Nanti setelah beberapa hari, Anda bisa menambahkan isian nat menggunakan grout.

Demikain tadi penjelasan mengenai langkah-langkah memasang keramik dinding kamar mandi untuk pemula. Bagaimana, tidak sesulit yang dibayangkan bukan. Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan serta peralatannya. Lalu cari waktu luang Anda  satu hari utuh untuk mengerjakan ini. Mendekor dinding kamar mandi Anda sendiri dapat menghemat banyak biaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.