Berita Nasional Terpercaya

AC Membuat Biaya Listrik Bengkak? Begini Tips Menggunakan AC agar Hemat Listrik

0

Cuaca panas adalah karakteristik umum dari daerah di Indonesia. Terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar, menggunakan AC sudah jadi sebuah kebutuhan. Tapi, yang sering ditanyakan calon pengguna, apakah suhu ac mempengaruhi biaya listrik?

Wajar jika Anda merupakan salah satu calon pengguna yang mengajukan pertanyaan tersebut. Dan ketimbang Anda salah langkah, lebih baik menanyakan kepada yang tahu, bukan?

Nah, kali ini, tim Bernas.id sudah menyiapkan uraian terlengkap mengenai pola penggunaan AC. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari serta tips untuk menghemat listrik AC sehingga biaya tidak membengkak. 

 

Kesalahan Penggunaan AC yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Konsumsi listrik ACKonsumsi listrik AC (foto: Acer Services)

Bagi Anda yang baru pertama kali memasang AC di rumah, wajib catat beberapa tips menggunakan AC agar hemat listrik. Soalnya, banyak pengguna awam yang biasanya melakukan beberapa kesalahan yang membuat tagihan listrik di akhir bulan membengkak. 

 

Atur Suhu AC Ruangan Anda

Mengatur suhu AC jadi paling rendah menyebabkan kompresor AC bekerja lebih keras. Sehingga membutuhkan banyak biaya. Konsekuensinya, listrik yang dikonsumsi pun jadi lebih besar.

Maka dari itu, lebih baik atur suhu jadi 25 derajat celcius saja. Selain pengaturan terbaik agar AC awet, juga membuat listrik lebih irit!

Baca juga: Hemat Listrik Dengan Cara Unik Ini

 

Rutin Membersihkan Filter

Seperti namanya, tugas filter adalah menyaring udara kotor. Jika debu menumpuk terlalu banyak bisa berpengaruh buruk pada ventilasi. Alhasil, konsumsi listrik pun meningkat 5 persen hingga 15 persen. 

Apalagi, AC yang kotor juga mudah rusak. Maka dari itu, membersihkan filter secara berkala banyak manfaatnya. Selain menghemat listrik, juga bisa membuat AC lebih awet.

 

Jangan Sampai AC Terhalang Benda Lain

Mesin AC yang tertutup tirai atau dekorasi lain bisa menyebabkan kinerjanya kurang efisien. Artinya, mesin pun bakal bekerja dua kali lebih keras. Dampaknya, konsumsi listrik jadi lebih boros. Maka dari itu, sebisa mungkin letakkan AC di lokasi yang tidak terhalang benda lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.