Berita Nasional Terpercaya

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Kulon Progo Pantau 2 Kelompok Masyarakat

0

KULON PROGO, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengawasi dua kelompok masyarakat terkait dengan peningkatan kasus Covid-19, baru-baru ini.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati menjelaskan, kelompok pertama berasal dari salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah. Dari 48 anggota kelompok tersebut, 33 orang diantaranya terkonfirmasi Covid-19.

“16 kasus diketahui melalui tes PCR, dan 17 lainnya melalui tes antigen,” ucap Baning Rahayujati saat dikonfirmasi, pada Selasa (20/4/2021)

Menurutnya, kasus muncul pada awal bulan April, ketika satu anak asuh di Ponpes tersebut sakit dan bergejala anosmia. Setelah dilakukan tes antigen, ternyata ia tetkonfirmasi positif Covid-19 sehingga dilakukan tes lanjutan kepada orang-orang di lingkungan pondok tersebut.

Pihaknya menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi, Minggu ketiga dan keempat di bulan Maret 2021, tercatat ada kunjungan dari orang tua santri di Ponpes itu. Ternyata, salah satu pengunjungnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, lanjut Baning,  pihaknya juga sedang memantau salah satu Rumah Tahfidz Al Quran di  Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap. Mengingat, sejumlah  anak asuh di lokasi tersebut juga mengalami gejala anosmia. 

Baning menambahkan, kasus terungkap ketika  Puskesmas Kokap 1 melakukan pemeriksaan di lokasi, pada 15 April lalu. Hasilnya, adanya 55 anak yang bergejala.

“Sementara sudah dilakukan 5 tes PCR dengan 3 orang positif. Juga sudah dilakukan antigen pada 13 orang dengan 8 diantaranya terkonfirmasi positif antigen,” imbuhnya. 

Pihaknya berpendapat bahwa dengan masih tingginya kasus penularan, baik di lingkungan keluarga dan masyarakat, menunjukkan Covid-19 masih ada, dan banyak orang tanpa bergejala di lingkungan sekitar.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, baik saat melakukan aktivitas di rumah, asrama, maupun di acara-acara keagamaan. (Tri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.