Berita Nasional Terpercaya

Warga Candibinangun Pakem Kini Tak Kesulitan Cari Ambulans

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Termasuk dalam kategori kawasan rawan bencana, Kalurahan Candibinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman mendapat bantuan satu unit mobil ambulans. Selain itu, bersama dengan Desa Hargobinangun, menjadi daerah penyangga bencana. Bencana alam yang rentan terjadi, mulai dari erupsi merapi, banjir lahar hingga angin kencang. 

Direktur PDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata mengatakan satu unit ambulans ini berasal dari corporate social responsibility (CSR) Bank Sleman dan PDAM Tirta Sembada. “Ambulans sebagai moda transportasi kegawatdaruratan di masyarakat sangat dibutuhkan,” jelasnya, Rabu (28/4/2021).

Dwi mengatakan mobil ambulans ini berjenis APV lengkap dengan peralatannya. Mobil ambulans ini seharga kurang lebih dari 200 juta rupiah. “Ini merupakan bentuk kepedulian atas kemanusiaan. Tahun ini, kami bekerjasama dengan Kalurahan Candibinangun,” katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berpesan agar mobil ambulans segera dioperasikan secara maksimal untuk menolong masyarakat. “Saya berpesan agar kendaraan ambulans dirawat dengan baik untuk menolong warga,” ucapnya.

Lurah Candibinangun, Sismantoro mengatakan selama ini, warga banyak mengalami kesulitan transportasi ketika ada warga yang sakit. Sebelum ada ambulans, warga hanya mengandalkan dari mobil seadanya milik masyarakat seperti mobil bak terbuka.

“Nantinya warga yang membutuhkan transportasi kegawatdaruratan akan dilayani dengan gratis,” ucapnya.

Direktur Bank Sleman, Muhamad Sigit merencanakan program kerjasama bantuan pengadaan ambulans di Kalurahan bisa dianggarkan setiap tahun. “Harapannya, setiap Kalurahan di Sleman nantinya bisa memiliki ambulans,” tuturnya.

Penandatanganan kerjasama bantuan ambulans itu, disaksikan langsung Sekda Sleman, Harda Kiswaya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.