Berita Nasional Terpercaya

Kenapa Hanya Telur Bebek yang Dibuat Telur Asin? Ini Jawabannya

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan telur asin. Namun, pernahkah kita bertanya, mengapa hanya telur bebek saja yang dibuat menjadi telur asin?

Dosen Kimia, Dr Das Salirawati, MSi mengatakan, cangkang telur bebek paling tebal sehingga paling memungkinkan untuk dibuat menjadi telur asin. Kalau cangkangnya tipis kemungkinan besar, telur akan pecah saat proses pembuatan.

Cangkang telur bebek sangat tebal ini bukan isapan jempol belaka. Das membuktikannya dengan sebuah percobaan yang sederhana. “Kita akan memakai telur ayam kampung, ayam broiler, puyuh, dan telur bebek. Lalu empat gelas plastik bekas air mineral dan cuka satu botol besar,” jelasnya.

“Telur-telur dimasukkan ke dalam masing-masing gelas plastik bekas air mineral, lalu tuang cuka ke dalam masing-masing gelas hingga seluruh bagian telur terendam,” imbuhnya.

Setelah direndam cuka selama satu jam, Das melihat cangkang telur puyuh sudah bersih karena bereaksi dengan cuka sehingga terlihat kuning telurnya. Untuk telur ayam broiler dan ayam kampung, membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam untuk terlihat kuning telurnya.

?Meski sudah 24 jam, telur bebek belum terlihat semua kuning telurnya. Ini menunjukkan cangkang telur bebek sangat tebal,” ujarnya.

Das menyebut dalam pembuatan telur asin, telur bebek itu dibungkus dengan lumpur berisi campuran abu gosok, pasir dari batu bata merah, garam kasar dan tawas agar kulit telur bersih. “Saat proses pembuatan tentu akan banyak yang pecah bila cangkang telurnya tipis apalagi telur puyuh karena cangkangnya sangat tipis,” ucapnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.