Berita Nasional Terpercaya

Bolehkah Menanam Pohon Bidara di Depan Rumah? Konon Ampuh untuk Tangkal Jin

0

Keberadaan pohon di rumah mempunyai berbagai manfaat. Manfaat tersebut mulai dari sebagai peneduh, membersihkan udara kotor, memperindah tampilan rumah, hingga diyakini membawa keberuntungan. Namun di balik itu, ada juga tanaman yang sebaiknya tidak dianjurkan ditanam di depan rumah menurut ilmu feng shui. 

Salah satu pohon yang disarankan untuk ditanam di depan rumah adalah pohon bidara. Pohon ini diyakini dapat membawa energi positif bagi hunian. Selain itu, bahkan pohon bidara diyakini dapat mengusir setan. Tanaman ini juga termuat dalam kitab suci Al-Quran.

Pohon bidara terkenal mempunyai banyak manfaat. Selain dipercaya sebagai penangkal energi negatif, pohon ini mempunyai manfaat bagi kesehatan. Daun bidara dikenal ampuh membantu penyembuhan berbagai penyakit. Namun, belum banyak orang yang tahu akan khasiat daunnya.

Pohon yang mempunyai nama latin Ziziphus mauritina ini tidak hanya tumbuh di Indonesia. Pohon ini berasal dari Asia Tengah, seperti Palestina, Iran, Arab, dan sebagainya. Pohon bidara memiliki ukuran tinggi mencapai 15 meter dan diameternya 40 cm.

 

Manfaat Pohon Bidara

Jika Anda berkeinginan menanam pohon di depan rumah, pohon bidara bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih pohon ini memiliki banyak manfaat. Apa saja? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

 

1. Bidara untuk Menyembuhkan Penyakit

Sudah sejak lama, pohon bidara dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Secara ilmiah, daun pohon ini terbukti memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Melansir dari data yang dikeluarkan oleh USDA Nutrient, setiap 100 gram daun bidara di dalamnya terkanding beberapa zat, mulai dari protein, serat pangan, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B2, hingga B3. Jadi wajar jika bidara dijadikan alternatif mengobati penyakit. 

 

2. Menyembuhkan Demam

Daun pohon bidara terkenal sejak dulu digunakan untuk menyembuhkan demam. Kandungan minyak di daunnya lah yang berperan. Caranya yakni dengan merebus daun bidara, lalu meminumnya.

 

3. Memiliki Sifat Anti Mikroba

Daun bidara menjadi andalan obat alternatif karena bersifat anti mikroba. Karena memiliki kandungan tersebut, daun bidara bermanfaat untuk menumpas bakteri, jamur, dan patogen lain yang membahayakan tubuh manusia.

 

4. Mengontrol Gula darah Tubuh

Daun bidaya juga diyakini berkhasiat membantu penyembuhan penyakit diabetes. Cara mengkonsumsinya yakni daun bidara direbus, lalu airnya diminum. Dari air rebusan itu akan memberi efek membantu menurunkan kadar gula darah.

 

5. Melindungi dari Kerusakan Sel DNA

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mineral herbal yang terdapat pada daun bidara bermanfaat untuk melindungi sel DNA manusia. Sel DNA manusia akan terhindar dari pengaruh buruk, seperti radiasi actinic.

 

6. Kaya akan Vitamin C

Daun bidara memiliki kandungan vitamin C yang kaya. 69 miligram vitamin C termuat dalam 100 gram bidara. Khasiat dari vitamin daunnya dapat digunakan untuk menjaga kulit, melindungi diri dari radikal bebas, serta dapat menguatkan daya tahan tubuh.

 

7. Mengatasi Sembelit

Daun bidara juga memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan. Serat tinggi yang terdapat di dalam daunnya dapat memperlancar pergerakan usus dan pencernaan. Sehingga daunnya bermanfaat untuk mengatasi sembelit. 

8. Memperkuat Tulang

Tak banyak diketahui, daun bidara ternyat ajuga bermanfaat untuk memperkuat tulang. Hal itu dikarenakan kandungan zat besi, fosfor, dan kalsium. Anda bisa menggunakan pohon ini untuk menambahk kekuatan tulang. Selain itu, daun ini juga dapat diberikan kepada penderita osteoporosis.

 

9. Menangkal Energi Ghaib

Di Indonesia, pohon bidara dipercaya mempunyai kaitan dengan energi mistis. Banyak yang percaya pohon ini dapat digunakan untuk menangkal jin dan energi jahat lainnya seperti jin, santet, dan sebagainya. Sementara beberapa hadis juga menganjurkan penggunaan daun bidara untuk mandi wajib atau mandi haid. Di samping itu, diyakini juga bahwa jin bisa merusak pohon bidara. Hal itu dikarenakan bangsa mereka takut dengan daun bidara.

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat pohon bidara. Mulai sekarang tanam halaman rumah Anda dengan pohon bidara. Jika Anda menanam pohon ini rasanya seperti mendapat paket lengkap. Anda bisa memetik manfaat udara atau kesejukan, manfaat pengobatan, hingga penangkalan energi negatif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.