Berita Nasional Terpercaya

5 Inspirasi Interior Rumah Korea yang Sederhana dan Minim Biaya

0

Berawal dari menyukai drama Korea, kini masyarakat Indonesia menjadi gemar akan segala sesuatu yang berbau negeri gingseng tersebut. Mulai dari kosmetik, makanan bahkan hingga interior rumah yang sering muncul di drama Korea.

Di dalam beberapa drama Korea, beberapa tokoh dikisahkan tinggal di dalam rumah atau apartemen dengan ukuran yang kecil. Sedikit berbeda dengan di Indonesia, rumah di Korea didesain tanpa sekat antara dapur, ruang makan, maupun kamar tidur. 

Desain minimalis ini diterapkan dikarenakan luas rumah yang terbatas namun tetap dapat dimaksimalkan fungsinya. Menariknya, untuk membuat rumah atau kamar layakknya drama Korea ini tidak membutuhkan banyak biaya lho! Yuk, simak 5 Inspirasi interior rumah Korea yang sederhana dan minim biaya.

 

Unsur Kayu Dalam Perabot

Terkenal sebagai negara penemu inovasi baru, siapa sangka masyarakat Korea menyukai interior rumah berbahan dasar kayu.  Mengedepankan desain yang modern, warna kayu yang dipilih berwarna coklat terang. Unsur kayu dapat dilihat pada lantai, meja makan serta kitchen set. Nah, pengunaan ornament kayu seperti ini tentu saja bisa diterapkan di Indonesia. Alih ? alih mengunakan kayu jati, jenis kayu yang dapat digunakan seperti mahony, multiplek dan pinus.

 

Desain Mezzanine

Mezzanine jika dilihat dari Bahasa Itali dapat diartikan sebagai ruang tengah, namun dari lingkup desain yang dimaksud dengan Mezzanine merupakan ruang tambahan yang terdapat di dalam bangunan. Konsep ini sangat cocok diterapkan pada rumah atau apartemen berkonsep terbuka. Lantai pertama berisi ruang santai, kamar mandi dan dapur kemudian diselipkan lantai 2 yang digunakan sebagai kamar tidur namun tidak berdinding. Biasannya lantainya terbuat dari kayu atau besi (semi permanen) dan dihubingkan dengan tangga. Masyarakat Korea mengemari desain ini karena dinilai praktis, memberi kesan luas serta terlihat keren.  Desain Mezzanine pun mulai banyak ditiru oleh masyarakat Indonesia yang mendambakan hunian praktis serta multifungsi meskipun luas bangunan yang terbatas. 

 

Kasur Tanpa Dipan

Salah satu permasalahan yang dihadapi dari rumah sempit dan kecil adalah pemilihan furniture yang tidak sesuai. Jika anda memiliki kamar dengan ruang yang terbatas, pilihkan kasur tanpa alas (ranjang) seperti yang banyak dilakukan pada desain interior Korea. Pilihkan kasur dengan ukuran single 200 x 90 cm , alasi dengan karpet bulu berwarna pastel, kemudian letakkan meja belajar lipat disisi kasur. Hindari mengunakan lemari pakaian dua pintu karena akan menghabiskan banyak ruang.  Simpanlah baju pada gantungan kayu, atau drawer susun sehingga terlihat rapi dan minimalis.

 

Dapur Multifungsi

Umumnya dapur minimalis hanya terdiri dari tempat cuci piring, kompor, kulkas dan cabinet penyimpanan bahan makanan atau alat makan. Namun, agar menjadi multifungsi bukanlah ide yang buruk jika menempatkan mesin cuci di antara cabinet dapur. Bukan tanpa alasan, jika ditempatkan di kamar mandi akan sedikit beresiko jika terkena cipratan air. Sedangkan jika diletakan di dapur makan selang pembuangan dapat ditata rapi bersebelahan dengan selang pembuangan air bekas cuci piring. Bahkan penataannya lebih artisik dan menarik jika disesuaikan dengan model kitchen set.

 

Tanpa Sekat dan Manfaatkan Kaca

Ciri khas dari rumah desain ala Korea adalah bentuk ruangannya yang terbuka dan nyaris tanpa sekat. Konsep ini sangat baik diterapkan pada rumah kecil atau apartemen karena akan memberikan kesan luas serta lega. Ruang keluarga pun menjadi multifungsi yaitu sebagai ruang menerima tamu, bekerja maupun bersantai. Untuk menambah kesan terang, desain interior Korea menekankan pencahayaan alami melalui jendela dan cermin di dinding. Pencahayaan di siang hari dapat mengandalkan cahaya matahari, sehingga otomatis menghemat biaya listrik. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.