Berita Nasional Terpercaya

Kepsek SMPN 4 Depok Sleman Pasrah Kalau Dicopot

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman akan memberi sanksi oknum Kepala SMPN 4 Depok jika terbukti bersalah membocorkan soal matematika Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) 2021. Sanksi yang diberikan bisa berupa pencopotan jabatan.

Kepala BKPP Sleman, Priyo Handoyo mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan real dari hasil Tim Pencari Fakta. Apabila sudah menerima, akan langsung ditindaklanjuti dengan membentuk tim khusus (ad-hoc) tingkat Kabupaten dari Inspektorat, BKPP dan Dinas Pendidikan Sleman.

“Jika terbukti bersalah, kami akan beri sanksi sesuai perundang undangan yang berlaku,” kata Priyo.

Ia mengatakan sampai saat ini masih berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sleman. Untuk memudahkan pemeriksaan, dilakukan pemberhentian sementara atau dinonaktifkan terhadap oknum kepala sekolah dan guru.

Senada dengan BKPP, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya mengatakan jika oknum kepala sekolah dan oknum guru terbukti melakukan kesalahan maka dipastikan akan ada hukuman. Untuk kepala sekolah, dicopot dari jabatan dan oknum guru bisa difungsionalkan.

“Suka dan tidak suka, itu menimbulkan citra buruk. Kami masih tunggu keputusan dari provinsi,” ujarnya.

Harda menyebut soal pencopotan kepala sekolah karena dianggap menyalahi etika pendidikan. Untuk level jabatan sebagai kepala sekolah, tindakan membocorkan naskah soal itu tidak pas.

“Yang jelas jika itu sebuah kesalahan, kami siap memberikan punishment,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 4 Depok, Lilik Mardiningsih menyatakan pasrah dengan segala keputusan Dinas Pendidikan Sleman. “Saya manut saja keputusan dinas (pendidikan-red). Ngapunten nggih,” katanya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.