Berita Nasional Terpercaya

Cara Menyimpan Durian yang Benar

0

HarianBernas.com ? Supaya durian yang Anda konsumsi tidak berubah rasa dan kualitasnya, maka sebaiknya perhatikan juga cara menyimpanya. Anda harus tahu cara menyimpan durian yang benar.

Penyimpanan buah durian memang harus dilakukan, khususnya pada durian yang telah matang. Semisal tidak kunjung disimpan, kulit durian akan terbuka sehingga mengurangi aroma dan cita rasanya. 

Umumnya, kebanyakan orang menyimpan durian di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Hanya saja, aroma durian akan memenuhi isi kulkas dan mempengaruhi aroma makanan lain di dalamnya.

Baca juga: Benarkah Durian Berbahaya untuk Kesehatan?

Anda membutuhkan tips khusus untuk melakukan penyimpanan buah durian yang tepat. Bernas telah menyiapkan cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan dan menjaga agar buah durian tahan lama.

Tips Menyimpan Buah Durian Agar Tahan Lama

Sangat disayangkan apabila Anda telah membeli banyak durian tetapi tidak kunjung habis. Solusi terbaiknya adalah Anda harus melakukan penyimpan durian untuk menghindari kerusakan seperti membusuk. Selain itu, media penyimpanannya harus menjaga kualitas durian dengan baik.

Penyimpanan buah durian harus mengedepankan kualitas kesegaran dan aroma khasnya. Anda juga dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memastikan Keutuhan Durian dan Suhu Penyimpanan

Buah durian dapat disimpan dalam suhu ruang selama dalam kondisi utuh atau belum dibuka dari kulitnya. Jika durian yang durian yang masih dibeli dalam kondisi setengah matang, maka cara penyimpanan dalam suhu ruang ini dapat melanjutkan proses pematangan buah.Tetapi penyimpanan buah dalam suhu ruang sebaiknya dilakukan maksimal hanya 2 hari saja. Jika melampaui batas waktu tersebut buah akan menjadi terlalu matang dan rasanya malah kurang enak.

2. Penyimpanan Buah Durian yang Terbuka

Dalam kondisi tertentu, ada saat dimana buah durian terlanjut dibuka dan tidak dihabiskan seketika. Sebaiknya, Anda segera menyimpan buah durian dalam wadah kedap udara atau wadah tertutup dan memasukkannya ke dalam lemari es. Dengan cara ini maka kesegaran buah akan tetap terjaga dan bau buah durian tidak menyebar ke seluruh bagian lemari es.

3. Mengambil Daging Durian

Jika ingin menyimpan durian di dalam waktu yang lebih lama maka sebaiknya ambil daging buah durian saja dan pisahkan dari bijinya. Kemudian masukkan daging durian ke dalam plastik atau wadah kedap udara kemudian simpan di dalam freezer.

Suhu beku pada freezer dapat membuat daging durian lebih awet karena tidak membusuk. Untuk menikmat buah durian kembali, Anda harus mendiamkannya sampai daging durian beku menjadi lebih lunak karena es yang membalutnya telah mencair.

Menyimpan dengan cara ini akan dapat membuat daging buah durian lebih awet bahkan hingga 6 bulan. Namun sebaiknya jangan menyimpan daging durian melebihi masa penyimpanan tersebut karena akan dapat mengurangi kualitas durian. Itulah beberapa cara untuk menyimpan buah durian yang benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Cara Memilih Durian Yang Enak Beserta Resep Jus Durian Yang Enak

Leave A Reply

Your email address will not be published.