Berita Nasional Terpercaya

Panduan untuk Kamu yang Bimbang Memilih Jurusan S2 yang Tepat

0

Kalau gelar sarjana tidak cukup untukmu, maka ini saatnya kamu melanjutkan mimpimu dan memilih jurusan S2 yang tepat untukmu. 

Namun, tentu ada banyak sekali pertimbangan sebelum memutuskan untuk kembali mengenyam bangku kuliah. Hal tersebut memang dirasa mudah bagi mereka yang langsung meneruskan pendidikan master mereka seusai menyelesaikan pendidikan sarjana. Namun akan berbeda bagi mereka yang memilih untuk mandek dulu sebelum melanjutkan studi, entah karena kerja atau menikah.

Jeda waktu dan pengalaman berkecipung di dunia kerja secara langsung maupun tidak langsung pasti akan memengaruhi standar, minat, dan kebutuhan dalam mengambil program master.

Akhirnya, mereka pun dilanda dilema dalam menentukan jurusan di jenjang S2 ini. Apakah harus bertahan di jurusan sebelumnya atau haruskan mencoba jurusan baru.

Untuk yang sedang bingung, tenang kamu tidak sendiri, kok. Di luar sana, banyak orang mengalami pergulatan batin serupa. Selain itu, tips-tips di bawah ini mungkin akan sedikit membantu menemukan jawaban dari pertanyaan ini.

 

1. Mengapa lanjut S2?

Alasan S2 untuk meniti karier

Alasan S2 untuk meniti karier (foto: mediaindonesia)

Sebelum mempertanyakan jurusan apa yang ingin diambil, ada baiknya kamu mempertanyakan alasanmu menempuh jalan ini berikut tujuan akhirnya. Apa pun itu, entah karena gengsi, suka, karir, atau lain sebagainya, pastikan kamu benar-benar paham tujuanmu. 

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menjawab apakah tujuanmu memang akan terpenuhi dengan lanjut S2. Bagaimanapun juga, perjalananmu selama menempuh program magister ini tidak akan mudah. Ditambah lagi, tujuanmu tidak akan serta-merta dapat terwujud begitu gelar master ada di tanganmu.

Baru setelah paham benar dengan keinginanmu sendiri dan yakin akan hal itu, kamu dapat memilih jurusan S2 yang tepat.

Baca juga: Jadi Idaman, Kenali Jenis-Jenis Beasiswa LPDP dan Tahap Seleksinya

 

2. Menentukan Program Studi

Menentukan jurusan kuliah

Menentukan jurusan kuliah (foto: bunyukita)

Setelah menyadari arah tujuanmu, saatnya kamu menentukan bidang studi sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Tanpa mengetahui tujuanmu dengan benar, ada kemungkinan kamu akan menyesal dengan pilihan jurusan tersebut dan bahkan menyesali keputusanmu untuk kuliah S2.

Kalau tujuanmu untuk menjadi dosen, tentu saja kamu lebih baik memilih jurusan yang linear dengan jurusanmu sebelumnya atau bahkan lebih spesifik lagi. Kalau semata-mata karena haus akan keilmuan, kamu bisa mengambil program studi sesuai dengan minatmu saat ini. Lain halnya jika kamu ingin lanjut karena karier. Ada baiknya kamu mensinkronkan jurusanmu dengan bidang pekerjaanmu.

 

3. Kampus yang Mendukung

Kuliah S2 di Universitas Harvard bisa jadi pilihan

Kuliah S2 di Universitas Harvard bisa jadi pilihan (foto: mojokseru)

Tidak hanya itu, setelah memilih jurusan S2 yang tepat, saatnya kamu memilih kampus. Belum tentu jurusanmu ada di semua universitas yang incaranmu. Oleh karena itu, lebih baik universitas ini ditentukan setelah memutuskan jurusan. 

Dalam menentukan universitas ini pun kamu juga harus jeli. Jika bisa, pilihlah kampus yang telah memilki akreditasi A karena itu akan cukup berpengaruh untuk melamar kerja atau melanjutkan ke jenjang S3. Oleh karena itu, hindari memilih kampus dengan akreditasi C apalagi di bawahnya.

Selain itu, pastikan fasilitas kampus, sistem pengajaran, serta tenaga pengajarnya mendukung untuk mengembangkan potensimu selama kuliah di sana. Perlu diingat, baik di dalam maupun di luar negeri, faktor-faktor di atas tidak dapat dikesampingkan.

Jika merasa belum mampu untuk berkuliah di tempat bergengsi di luar maupun dalam negeri, Anda bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa S2.

Baca juga: Ingin Kuliah di Prancis? Ini Berbagai Beasiswa yang Bisa Kalian Coba

Jangan abaikan ketiga tips di atas penting saat memilih jurusan S2 yang tepat, ya! Apa pun keputusanmu nanti, pahami konsekuensinya dengan benar sehingga tidak akan terlalu kecewa meski tidak semua hal berjalan sesuai harapan. Semoga sukses dan mendapatkan ilmu yang manfaat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.