Berita Nasional Terpercaya

Warna yang Cocok untuk Logo Makanan, Foodie Wajib Tahu

0

Jika berencana membuka bisnis kuliner, Anda juga perlu memikirkan warna yang cocok untuk logo makanan, loh! Meskipun terkesan tidak penting, nyatanya hal ini memiliki pengaruh kuat terhadap calon konsumen.

Secara psikologi, warna-warna tertentu akan memberikan kesan kuat dan mampu memikat calon konsumen. Tidak heran jika Anda merasa hampir semua bisnis kuliner menggunakan warna serupa di logo mereka.

Pasalnya, logo-logo tersebut tidak hanya didesain agar menarik, tetapi juga mampu membangkitkan emosi yang akan memengaruhi alam bawah sadar konsumen. Dengan demikian, calon pelanggan akan tergugah dan berhasrat untuk mencicipi makanan tersebut.

Apa saja warna-warna tersebut dan emosi apa yang direpresentasikannya? Jangan lewatkan ulasan singkat di bawah ini.

 

1. Merah

Warna merah untuk merepresentasikan rasa pedas

Warna merah untuk merepresentasikan rasa pedas (foto: pixabay)

Jika diperhatikan, hampir semua brand-brand makanan terkenal menggunakan merah sebagai di logo mereka. Hal tersebut bisa dilihat pada logo KFC, Coca Cola, Heinz, Mc Donald’s, Wendy’s, Papa John’s, Pizza Hut, dan lain sebagainya.

Mengapa demikian? Apa efek merah pada desain tersebut?

Ternyata, warna yang cocok untuk logo makanan ini seakan memiliki emosi yang kuat dan mampu membangkitkan gairah besar. Begitu besar pengaruhnya sampai-sampai baru melihat logonya saja berhasil membuat calon konsumen merasa lapar dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Tidak hanya itu, merah juga cukup mencolok sehingga dapat dengan mudah mencuri fokus siapun yang melihatnya. Karena itu juga, makanan dikemas dengan unsur merah akan mudah dilirik dan diingat.

Selain itu, merah juga sering diidentifikasikan dengan sifat panas dan pedas. Oleh karena itu, makanan-makanan dengan cita rasa kuat dan pedas cenderung menggunakan warna ini untuk merepresentasikan produknya. Dengan cara itu, tanpa disebutkan pun konsumen sudah mengetahui bahwa produk tersebut pedas.

Baca juga: Daftarkan Nama dan Logo Usaha, Demi Menghindari Pembajakan Usaha

 

2. Orange

Warna merah dan orange pada desain Burger King

Warna merah dan orange pada desain Burger King (foto: pramborsfm)

Hampir sama dengan merah, orange juga menggambarkan emosi penuh semangat dan kehangatan. Hanya saja, kesan yang diberikan oleh orange ini cenderung lebih lembut dibandingkan merah.

Penggunaan unsur orangewarna ini pada logo makanan dapat langsung menarik perhatian calon pembeli. Tidak hanya itu, warnanya pun hampir mirip dengan warna gorengan yang matang sempurna sehingga mampu menggugah nafsu makan calon pembeli.

 

3. Kuning

Penggunaan warna kuning untuk logo

Penggunaan warna kuning untuk logo (foto: pngegg)

Masih sama seperti sebelumnya, kuning juga warna yang cocok untuk logo makanan. Setiap kali melihat logo berwarna kuning, para konsumen pun seakan diingatkan dengan makanan hangat sehingga membuat mereka kelaparan.

Bagaimana tidak, banyak sekali makanan lezat berwarna kuning, misalnya saja keju dan telur. Oleh karena itu, penggunaan unsur kuning sebagai logo makanan-makanan tersebut akan membuat konsumen langsung membayangkan rupa serta rasa aslinya.

Baca juga: 8 Tips Membuat Logo yang Menarik dan Profesional

Itu dia tiga warna yang cocok untuk logo makanan dan bisa Anda tiru untuk bisnis barumu. Namun, kalau Anda ingin berbeda dengan yang lain, Anda bisa juga menggunakan warna hitam untuk kesan kuliner premium atau jasa desain logo terbaik. Pada akhirnya, semua tergantung pada kepercayaanmu, kok.

Leave A Reply

Your email address will not be published.